Rabu, 19 Oktober 2011

[PERS-Indonesia] Akibat Pemblokiran Jalan, PTFI Hentikan Produksi

 

Selasa, 18 Oktober 2011 , 07:42:00
 
 

Petinggi TNI-Polri Adakan Pertemuan di Brimob

TIMIKA - Vice President Operasi Grassberg PTFI, Nurhadi Sobirin mengatakan akibat pemblokiran jalan dan beberapa sabotase yang dilakukan oknum terhadap pipa-pipa konsentrat dari Tembagapura menuju Portsite, maka produksi tambang oleh PT Freeport Indonesia dihentikan sejak Senin (17/10) kemarin. Hal itu diungkapkan Nurhadi Sabirin dalam teleconference yang digelar Manajemen PT Freeport Indonesia, Senin (17/10). Nurhadi dari Tembagapura mengatakan penghentian produksi itu dikarenakan tidak bisa dilakukan pengiriman konsentrat hasil olahan melalui pipa, sebab kondisi tidak aman. Dimana sudah terjadi sabotase pemotongan pipa di beberapa tempat. "Sehingga semua operasional mulai pagi ini (kemarin) dihentikan, baik pengolahan di tambang terbuka atau tambang bawah tanah," kata Nurhadi.

Sementara Direktur dan CAO PT Freeport Indonesia Sinta Sirait, dari Jakarta juga melalui teleconference, mengatakan perusahaan belum berhenti berproduksi secara total. Kata Sinta, stok konsentrat yang siap dikirim, masih tersedia di gudang penyimpanan di pelabuhan. "Proses pengiriman masih berjalan, namun karena ada pemotongan pipa yang rusak, kita akan evaluasi apakah dihentikan atau tidak," katanya. Sinta menambahkan, sejak terjadi aksi pemogokan oleh karyawan, produksi perusahaan hanya mampu bertahan hingga 80 persen. "Kita rata-rata produksinya 270 ribu ton per hari," tandasnya.
Sinta juga membeberkan, setidaknya negara merugi USD 8 juta per hari pada awal terjadinya aksi mogok. Tidak hanya negara, karyawan juga mengalami kerugian sebab upahnya tidak dibayarkan.
Sementara itu, Senin (17/10) kemarin, petinggi TNI-Polri dan Bupati Mimika Klemen Tinal, SE MM mengadakan pertemuan tertutup di Den B Mako Brimob Polda Papua.

 
Pertemuan yang berlangsung mulai sekitar pukul 15.30 WIT, seperti yang terpantau Radar Timika, dihadiri Kapolda Papua Irjen (Pol) Bigman Lumbang Tobing dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ervi Triassunu, Kapolres Mimika AKBP Deny E Siregar, Dandim 1710 Mimika Letkol (Inf) Christian Tehuteru. Sejumlah perwira TNI dan Polri lainnya juga tampak hadir dalam pertemuan itu. Tidak diketahui jelas apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut, karena wartawan tidak dapat melakukan peliputan dari jarak dekat. Wartawan hanya melakukan pemantauan dari depan Markas Den B Mimika dan melalui sumber-sumber yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung sekitar tiga jam itu.

Sementara informasi lain yang dihimpun koran ini menyebutkan, pada Minggu malam (16/10), jajarang TNI-Polri juga melakukan pertemuan di Polsek Mimika Baru sejak pukul 22.00 WIT hingga pukul 01.00 WIT dini hari. Menurut sumber terpercaya, pertemuan tersebut dilakukan untuk mengkoordinasikan kasus yang terjadi saat ini dan langkah apa yang akan diambil. Sementara itu sesuai dengan pantauan wartawan, kondisi keamanan di Kota Timika, Senin kemarin kondusif. Konsentrasi massa dari para pekerja dan warga hanya terfokus di jalan menuju Bandara Mozes Kilangin. Kepada Radar Timika, seorang perwira dari Mabes Polri mengatakan, Senin siang kemarin, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan utusan Mabes Polri lainnya mengunjungi Check Point di Mile 28 untuk mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban.

Seperti diketahui, jasad Almarhum Leo Wandagau (36) yang menghembuskan nafas terakhirnya, Sabtu (15/10) disemayamkan di depan Pos Security Check Point Mile 28. Informasi lain dari Perwira TNI menyebutkan, sekitar pukul 19.37 WIT, Kapolda dan Pangdam Papua juga mengunjungi check point itu untuk melakukan koordinasi. Tidak lama kemudian jasad Almarhum Leo Wandegao dibawa ke rumah duka di Kwamki Lama untuk disemayamkan. Meski demikian konsentrasi massa masih berpusat di bundaran Check Point tanpa ada pengawalan dari petugas keamanan. Sedangkan, 100 anggota Brimob dari Polda Papua, Senin siang kemarin juga tiba di Timika. (lrk/upg/rex)

__._,_.___
Recent Activity:
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Milis Pers Indonesia
Powered by : http://www.GagasMedia.com
GagasMedia.Com Komunitas Penulis Indonesia
Publish Tulisan Anda Disini !

Khusus Iklan Jual-Beli HP/PDA
Ratusan Game/Software HP Gratis
http://www.mallponsel.com

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar