Minggu, 12 Agustus 2012

[forumpembaca-kompas] Trs: [terangdunia] Trs: DEBAT TERBUKA: ARMENIANISME VS CALVINISME DI JKT

 



--- Pada Ming, 12/8/12, Johan Chandra <johan.chandra@ymail.com> menulis:

Dari: Johan Chandra <johan.chandra@ymail.com>
Judul: [terangdunia] Trs: DEBAT TERBUKA: ARMENIANISME VS CALVINISME DI JKT
Kepada: ""Milis Debat Alkitab " <debat-alkitab@yahoogroups.com>, ""Milis e Metamorphe" " <metamorphe@egroups.com>, ""Milis Fordian" " <fordian@yahoogroups.com>, ""Milis Kristen Sejati" " <kristensejati@yahoogroups.com>, ""Milis Metamorphe" " <METAMORPHE@yahoogroups.com>, "Full Gospel Indonesia" <fullgospel_indonesia@yahoo.com>, "Milis IndonesianPW" <IndonesianPW@yahoogroups.com>, "terangduniamail@yahoogroups.com" <terangduniamail@yahoogroups.com>, "WISMA INDONESIA" <wismaindonesia@yahoo.com>
Tanggal: Minggu, 12 Agustus, 2012, 3:32 PM

 



COMINGSOON
Debat  TERBUKA
Calvinisme vs Armenianisme

Tema: Calvinisme,
Apakah Alkitabiah?
 
sesi 1 :  Unconditional Election  (= Pemilihan yang
tidak   bersyarat).
 
mengajarkan
bahwa dari permulaan segala jaman, sebelum segala sesuatu ada, Allah sudah menetapkan
/ memilih orang-orang tertentu untuk selamat / masuk surga, dan orang-orang
yang lain untuk binasa / masuk neraka. Penentuan / pemilihan ini dilakukan
semata-mata berda-sarkan kehendak Allah, bukan karena apa yang ada atau yang
akan ada dalam diri manusia.
 
sesi 2 :  Perseverance of the Saints(= Ketekunan orang-orang kudus).
 
mengajarkan
bahwa sekali seseorang menjadi orang kristen yang sejati dan
diselamatkan, ia tidak akan berhenti menjadi orang kristen / murtad, dan ia
tidak mungkin kehilangan keselamatannya.
 
Dr. dr. Steven E. Liauw, S.Ked., M.Div., D.R.E., Th.D. dan
Ev. dr. Andrew M. Liauw, S. Ked.,
M. Div.
(Armenianisme- Keselamatan Bisa Hilang )

VS
Pdt. Budi Asali, MDiv
Pdt. Esra Alfred Soru, STh.
(Calvinisme-  Keselamatan Tidak Bisa Hilang)  
 
Jum'at, Tanggal : 24 AGUSTUS 2012
Jam:
Sesi 1  08:00-12:00;
                   Sesi 2  13:00-16:00
TEMPAT :
Graphe International Theological Seminary = GITS
atau
STT  Graphe  (STT Fundamental)
Jl. Danau Agung 2
No. 7, Blok D1A
Sunter Agung,
 
JakartaUtara.
 
Informasi dari pihak Suhento Liauw
Untuk
pendaftara:
Telponl
(021)-6471-4156, atau email ke gits@graphe-ministry.org
Ketika mendaftar, kami memerlukan data: Nam Lengkap,
Tempat dan Tanggal Lahir sesuai dengan
KTP
 
Untuk acara ini,
pendaftara wajib dilakukan (Pendaftaran gratis, makan siang bisa dibeli di
kampus). Orang yang tidak mendaftar tidak dijamin dapat ikut menyaksikan debat
secara langsung. Kursi terbatas.
 
 
 
Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu
sebagai Tuhan! 
Dan siap sedialah pada segala
waktu untuk memberi 
pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang
yang meminta 
pertanggungan jawab dari kamu tentang
pengharapan yang ada padamu, 
tetapi haruslah dengan lemah lembut dan
hormat,
1Pe 3:15 
 
Jikaya, hendaklah
kamu katakan: ya, jika tidak,
hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal
dari si jahat.
Mat 5:37 
 
Janganlah
engkau pergi kian ke mari menyebarkan fitnah di antara
orang-orang sebangsamu;
janganlah
engkau mengancam hidup
sesamamu
manusia; Akulah TUHAN.
Lev 19:16
 
Semoga Liauw Family punya
keberanian mempertanggung jawabkan
Fitnah2 yg dilakukan
terhadap Calvin & Calvinisme dgn melayani tantangan
Dari Pdt Budi Asali dalam
debat Terbuka ini di sarang Liauw (Jkt).
 
 
Untuk diketahui
 
Sebagian dari
Fitnah Pdt Suhento Liauw dan anaknya
Terhadap Calvin
& Calvinisme :
 
 
Fitnahan-fitnahan GRAPHE:
1)  
KALVINIS MENGANGGAP IMAN PERCAYA SEBAGAI SUATU
JASA/USAHA, SEDANGKAN NON-KALVINIS MENGATAKAN BAHWA IMAN PERCAYA
BUKANLAH USAHA. - Graphe - Liauw.doc.
 
2)  
Oleh karena itu, DALAM THEOLOGI KALVINIS, IMAN BUKAN
SYARAT KESELAMATAN, IMAN ADALAH HASIL DARI KESELAMATAN! - Graphe -
Liauw.doc.
 
3)  
1. Kalvinis menganggap bahwa jika iman dijadikan syarat keselamatan, itu sama
saja dengan menyelamatkan diri sendiri. Iman dianggap sebagai suatu jasa atau
usaha dari pihak manusia. - Graphe - Liauw.doc.
 
4)   Jadi, janganlah ada Kalvinis yang
marah jika saya berkata, "allahnya Kalvinis adalah allah yang merencanakan
dosa, dan yang mengharuskan manusia berbuat
dosa." Kalau anda Kalvinis, dan anda shock dengan pernyataan ini, maka anda
belum tahu pengajaran Kalvinis yang sejati. Ini
kata-kata Steven Liauw. - Graphe - Liauw2.doc.
 
5)  
Poin terakhir Calvinisme ini adalah kesimpulan akhir dari seluruh rangkaian
nalar John Calvin yang dipungutnya dari Agustinus. Sebagaimana poin satu hingga empat tidak memiliki dasar Alkitab,
maka sudah jelas kesimpulan akhirnya juga tidak alkitabiah. - Graphe -
Liauw5.doc.
 
6)  
Dasar dari Perseverance of the Saints Calvinisme bukanlah
pada ayat-ayat Alkitab tetapi pada jalur nalar mereka yang jika
Allah memilih seseorang, menebusnya dengan kematian Yesus Kristus, dan telah
menerapkan kepadanya anugerah yang tidak bisa ditolak, maka apapun yang terjadi
pada orang tersebut, ia tidak akan binasa lagi. Ia pasti akan masuk Sorga!
Itulah jalan nalar Calvinisme yang menjadi dasar konsep Perseverance of the
Saints Calvinisme. - Graphe - Liauw5.doc.
 
7)  
Kedua jalan nalar ini didasarkan pada konsep manusia
tidak memiliki kehendak bebas untuk menolak anugerah Allah. Bahwa manusia lebih
rendah dari anjing, karena najing (anjing) saja bisa memilih mau datang kepada
tuannya atau tidak ketika dipanggil namanya'. - Graphe - Liauw5.doc.
 
8)   Calvinis percaya bahwa manusia yang belum menjadi
Kristen tidak memiliki kebebasan untuk menolak anugerah Allah, dan sesudah
menjadi Kristen, atau "diselamatkan" ia lebih tidak memiliki kehendak bebas
lagi. Ia bagaikan boneka keramik yang
jika pecah maka pemiliknyalah yang harus disalahkan. Sehingga
keselamatan akhir dari seorang Calvinis sepenuhnya tergantung pada cengkeraman Allah atas dirinya. Kalau kelak ternyata
ia gagal masuk Sorga, sepenuhnya bukanlah kesalahannya, melainkan kegagalan
Allah. Sekali lagi dasar konsep Perseverance of the
Saints Calvinisme adalah manusia tiadk memiliki kehendak bebas, tidak bisa
berpikir, atau sekedar boneka. - Graphe - Liauw5.doc.
 
9)   Sesungguhnya tidak
ada seorang Calvinis pun yang dapat memastikan dirinya akan masuk Sorga karena
tidak ada seorang calvinis pun yang tahu pasti bahwa dirinya termasuk dalam
orang-orang pilihan. Mereka hanya yakin begitu saja bahwa mereka adalah
orang-orang pilihan. - Graphe -
Liauw5.doc.
 
10)      Karena iman itu adalah pemberian Allah maka adalah
tanggung jawab Allah untuk memberikan iman yang kuat, dan kalau ternyata iman
seseorang tidak kuat, tentu itu adalah karena Allah telah memberikan iman yang
mutunya rendah. Jadi bisa disimpulkan bahwa jika di gereja Reform atau
Presbyterian ada anggota-anggota jemaat dengan kondisi keteguhan iman yang
bervariasi, itu karena Allah memberikan jenis keteguhan iman yang bervariasi.
Pada prinsipnya dapat disimpulkan bahwa Gembala
Jemaat tidak perlu mengadakan berbagai usaha pemupukan iman karena menurut
mereka iman seseorang sepenuhnya adalah tanggung jawab Allah. Karena
Allah yang bertanggung jawab, maka mereka simpulkan bahwa iman seorang yang
telah diplih Allah tidak mungkin bisa gagal, bahkan tidak mungkin bisa mundur,
karena kalau mereka sampai mundur maka ia bukan orang pilihan, atau Allah gagal
menjaga iman orang itu. Tentu mereka akan memilih yang pertama daripada menuduh
Allah gagal. - Graphe - Liauw5.doc.
 
11)     
Tidak jelas kapan dia diselamatkan karena Calvin sendiri jarang sekali
membicarakan pertobatannya. Barangkali ini berhubungan dengan theologinya bahwa
bukan manusia yang bertobat, tetapi Allah yang menyelamatkan. - Graphe - Liauw
8.doc.
 
12)     
Kasus penganiayaan yang paling terkenal adalah pembakaran terhadap Michael
Servetus yang dihukum di Jenewa dengan dukungan
penuh dari Calvin. Michael Servetus adalah sahabatnya sendiri yang menerima bukunya mengenai
Institutio lalu Servetus menyoret-nyoretnya dan mengembalikannya kepada Calvin. Jhon (John) Calvin marah karena Servetus tidak
setuju dengan doktrinnya dan ia menganngap (menganggap) Servetus menentang
pemerintahdan konsekuensi orang yang
melawan pemerintah adalah hukuman gantung yang sudah menjadi tradisi pada saat
itu. Tuduhan terhadap Servetus adalah ajaran sesat, tetapi dalam
pengadilan Calvin pura-pura membelanya agar
ia tidak dihukum bakar, tetapi dihukum gantung saja. Karena pada saat itu kelompok yang dianggap sesat hukumannya adalah
hukuman dibakar, Calvin membelanya dengan tuduhan memberontak kepada pemerintah
supaya ia hanya digantung saja (untuk mengelabui dendam
atas penolakan Servetus atas doktrinnya). Pada saat itu pemerintah
Jenewa selalu meminta nasehat dan masukan kepada Calvin mengenai undang-undang
dalam Negara. - Graphe - Liauw 8.doc.
 
13)      Theologia Calvin:
Karena dibesarkan dalam
lingkungan Katolik dan tidak berani mengadakan
pemisahan yang sepenuhnya dengan Katolik, maka Calvin seperti juga bapa
Reformasi yang lain, hanya melakukan Reformasi. Artinya, mereka melihat Katolik sebagai Gereja yang sebenarnya, tetapi
yang telah salah jalan dan perlu reformasi. Yang salah hanya pemimpin pada saat itu bukan doktrinnya.
(padahal doktrin inilah biang keroknya) - Graphe - Liauw 8.doc.
 
14)     
Baptisan bayi. Walaupun Calvin mengatakan, bahwa baptisan tidak perlu untuk
keselamatan, tetapi ia sering tidak konsisten. Sering menghubungkan baptisan dengan pengampunan dosa, kelahiran
kembali, dan lain- lain.
Sakramen: Baptisan dan Perjamuan
(spiritual presence) sebagai sacramen. Ia mengakui
bahwa Baptizo berarti menyelamkan, tetapi tetap mempraktekkan percikan.
(anehkan?) - Graphe - Liauw 8.doc.
 
15)     
7. Hiper-Kalvinisme sulit didefinisikan
(macam-macam definisi oleh orang yang berdebat), dan sebenarnya hanyalah menerapkan prinsip-prinsip Kalvinisme secara konsisten.
- Graphe - Liauw 10.doc.
 
16)     
Nah, orang-orang yang percaya "sekali selamat tetap selamat" (SSTS, tanpa peduli orang itu beriman atau tidak), mereka akan mengatakan bahwa apa yang percaya adalah
"keselamatan karena usaha manusia." - Ini
kata-kata Steven Liauw. Graphe - Liauw 11.doc.
 
17)     
Doktrin SSTS pada dasarnya menghilangkan kehendak bebas
dari manusia ketika ia menjadi percaya. Ironisnya, kehendak bebas ini hanya dihilangkan dalam hal keselamatan.
Pendukung SSTS akan mengakui bahwa ada kehendak bebas
dalam semua aspek kehidupan lainnya (seorang Kristen dapat mundur imannya,
dapat melakukan hal-hal yang menyedihkan hati Tuhan), tetapi sama sekali tidak
punya kehendak bebas dalam hal menolak iman yang pernah ia terima. - Ini kata-kata Steven Liauw. Graphe - Liauw 11.doc.
 
18)     
Pemikiran seperti ini sungguh salah. Jika kita menerapkan logika ini, maka
sungguh berbahaya. Jika iman kita sungguh adalah urusan Yesus saja, dan tidak ada tanggung jawab kita, untuk apa dalam
Alkitab ada begitu banyak ayat yang menyuruh kita untuk beriman? Ada begitu
banyak ayat yang menyuruh kita tetap pada iman. Bukankah Yesus yang beriman
untuk kita? Nah, disinilah terlihat kebodohan dari pemikiran
seperti ini. Tidak ada orang lain yang dapat beriman untuk orang lain. Ayat ini mengajarkan doktrin bahwa Yesuslah yang memungkinkan
adanya iman. Tanpa Yesus, manusia bahkan tidak dapat memilih antara percaya
Yesus atau tidak. Tanpa Yesus, tidak ada objek yang dapat kita imani. Yesus
pulalah yang memberikan kita kekuatan untuk terus beriman, dan memungkinkan
iman kita bertumbuh. Jika kita memegang teguh iman kita, itu adalah karena
Yesus! Tetapi tidak berarti kita tidak punya tanggung jawab untuk tinggal dalam
iman. Juga tidak berarti kita tidak dapat memilih untuk keluar dari
iman. - Ini kata-kata Steven Liauw. Graphe -
Liauw 11.doc.
 
19)     
D. Yang mana yang lebih baik: Mengajarkan orang Kristen bahwa mereka harus
memegang iman mereka dengan teguh (pengajaran yang Alkitabiah), atau
mengajarkan orang Kristen bahwa tidak peduli apapun juga yang mereka lakukan,
mereka akan masuk surga? Dalam hal ini, saya memperhatikan suatu dampak yang
sudah dapat diperkirakan: gereja-gereja yang
mengajarkan SSTS tidak menekankan pada anggota mereka untuk tetap beriman.
Hal ini wajar, karena tidak ada motivasi bagi mereka untuk melakukan hal itu, karena
mentalitasnya adalah "toh mereka tidak mungkin meninggalkan iman." Tetapi, para
Penulis Alkitab memiliki pandangan yang berbeda. Banyak sekali ayat yang
menghimbau kita untuk bertahan dalam iman, untuk bertahan hingga akhirnya,
memegang teguh iman, dsb. Paulus beberapa kali khawatir, bahwa jika orang-orang
yang dia menangkan meninggalkan iman, maka segala jerih payahnya menjadi
sia-sia. Mentalitas para Penulis Alkitab berbeda
jauh dari pada pengajar SSTS. - Ini
kata-kata Steven Liauw. Graphe - Liauw 11.doc.
Catatan: SSTS = Sekali Selamat
Tetap Selamat.
 
20)     
Bisakah disimpulkan bahwa sesungguhnya ada orang yang pada dasarnya tidak ada
keinginan masuk Sorga namun apa boleh buat karena telah terpilih maka tidak dapat menolak sehingga terpaksa masuk Sorga? Sebaliknya
ada orang yang sangat ingin masuk Sorga namun saying (sayang) sekali ia tidak
terpilih dan akhirnya masuk neraka? Sebagian Calvinis mengiyakan dan
sebagian membantah. - Graphe - Liauw 12.doc.
 
21)     
Dalam pemahaman Kalvinis, manusia tidak mempunyai
kehendak bebas yang berhubungan dengan keselamatan dan menuduh mereka yang
menekankan manusia bisa beriman percaya keselamatan karena usaha.
Padahal usaha tidak sama dengan iman. - Graphe - Liauw 17.doc.
 
22)      Dalam sistematika teologia Kalvinis malaikat dipercaya
yang dipilih dan ada juga yang tidak. Tetapi dalam pemilihan malaikat sifatnya
Supralapsarianisme. Yang menjadi permasalahan, banyak orang Kalvinis tidak
berani berdiri dalam posisi ini. - Graphe - Liauw 22.doc.
 
Catatan: nama file di belakang setiap kutipan adalah nama
file dlm komputer saya.
 
 
Contact Persons :   
Sdr Rio - 081-8030-46-550
Sdr
Cahaya : hp 83849348827, 3140039119  
Bp. Rizal : Flexi
031-71060304                                             
Bp.
Rudy : Flexi 031-71736955, 77014779, 081330364123
 
e-mail
address  : : gkri_golgota@yahoo.com                     
Base URL:
http://www.golgotaministry.org                  
e-mail address  : :golgotha_ministry0@yahoo.com                     
Base URL:
http://www.golgothaministry.org   
 
 
Karena itu
buanglah segala kejahatan,
segala tipu
muslihat dan segala macam
kemunafikan,
kedengkian dan fitnah.
1Pe 2:1 
 
TUHAN MEMBERKATI

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar