Minggu, 05 Agustus 2012

[PERS-Indonesia] Keras Menolak RPP Tembakau, Jawa Timur Akan Buat Perda Perlindungan Untuk Petani Tembakau

 

Keras Menolak RPP Tembakau, Jawa Timur Akan Buat Perda Perlindungan Untuk Petani Tembakau

Jumat, 3 Agustus 2012 - 17:00 · Topik: rpp-tembakau
Unjuk Rasa Para Petani Tembakau Menolak Pengesahan RPP Tembakau (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com -  Usai pertemuan dengan Anggota Watimpres di Gedung Watimpres, Kamis (2/8/2012),  Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur Agus Dono Wibawanto kembali menegaskan penolakan Jawa Timur terhadap RPP Tembakau. Menurutnya, tembakau dan industri kretek telah memberikan kontribusi besar bagi penghasilan daerah, juga nasional.

"Terlebih dari itu DPRD dan Pemprov sudah sepakat untuk membuat peraturan yang akan lebih memberi perlindungan kepada petani tembakau," tegas Agus Dono.

Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memastikan akan segera menandatangani RPP Tembakau semakin menunjukan watak pemerintah yang tak berpihak pada rakyat. Ada beberapa hal yang patut dikritisi dari penjelasan SBY terkait Rancangan Peraturan Pemerintah yang memang menimbulkan pro-kontra ini.
 
Namun tak semestinya Presiden tergesa-gesa mengesahkan RPP tersebut, karena memang masih membutuhkan masukan dari berbagai pihak. Salah satu upaya yang dilakukan melalui Dewan Pertimbangan Presiden. [pri] http://www.seruu.com/utama/nasional/artikel/keras-menolak-rpp-tembakau-jawa-timur-akan-buat-perda-perlindungan-untuk-petani-tembakau


Jawa Timur Sampaikan Penolakan Terhadap RPP Tembakau ke Komisi IX DPR RI

Jumat, 27 Juli 2012 - 14:23 · Topik: rpp-tembakau
Anggota Komisi IX DPR RI Poempida Saat Menemui Perwakilan Masyarakat Jawa Timur (Foto:Cesare/Seruu.Com)
3 juta orang Jawa Timur bisa terancam PHK dan 30 juta buruh akan terancam PHK secara nasional bila RPP ini berlakukan"

Jakarta, Seruu.com - Tim akademik (DPRD Jawa Timur, Pemerintah provinsi Jawa Timur, Tim Revitalisasi Pertembakauan, Gabungan Perusahaan Rokok Surabaya dan APTI Jatim hari ini, Kamis (26/07/2012) mendatangi Gedung DPR dan menemui beberapa anggota Komisi IX DPR RI terkait penolakan RPP Tembakau.


Para perwakilan dari Jawa Timur di terima oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Poempida Hidatulloh Djatiutomo (FPG) dan Mardiana Indraswati (FPAN). Dikarenakan DPR sedang dalam masa reses, audiensi dilakukan di ruang tamu Komisi IX DPR.


Anggota Komisi IX DPR, Poempida mengatakan bahwa pertemuan ini adalah pertemuan informal yang tidak melanggar tata tertib DPR dimasa reses.


"Kami hanya mejaring informasi dari pemerintah daerah Jawa Timur dan para stakeholder soal RPP pengamanan zat adiktif dalam bentuk produk tembakau dalam kesehatan. Kabarnya RPP ini sudah tinggal ditandatangani oleh Presiden," jelas Poempida saat konpers.


Menurut Poempida, Kalau Industri tembakau terganggu maka hal tersebut akan berimbas kepada tenaga kerjanya pun akan terganggu. Hal itu yang harus di perjuangkan.


Sementara, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur yang berasal dari fraksi Partai Demokrat, Agus Donowibowo menegaskan jika seluruh fraksi di DPRD Jawa Timur menolak jika RPP Tembakau disahkan oleh Presiden.


"Kami menolak, jika itu dilakukan maka akan berdampak pada industri rokok kretek. Harapan kami menghadap komisi IX agar RPP ditunda sampai tidak ada batas waktu," jelas Agus kepada wartawan.


Agus menilai jika RPP ini hanya akal-akalan Rokok putih yang berupaya untuk mengambil alih rokok kretek nasional.  UU 12 92 tentang tembakau merupakan industri strategis.


"Harapan kami jika bisa ditunda ya ditunda dulu, di bulan puasa ini jangan memberikan kado yang tidak baik lah. Insya allah pak SBY mau mendengarkan aspirasi para petani tembakau ini," kata Agus.


Sebagai salah satu penghasil devisa terbesar di Indonesia dan penyerap tenaga kerja yang besar, maka melalui watimpres, Agus berharap agar presiden dapat membandingkan mana yang pro mana yang kontra.


"3 juta orang Jawa Timur bisa terancam PHK dan 30 juta buruh akan terancam PHK secara nasional bila RPP ini berlakukan" tandasnya. (Cesare)http://www.seruu.com/utama/nasional/artikel/jawa-timur-sampaikan-penolakan-terhadap-rpp-tembakau-ke-komisi-ix-dpr-ri-1343374303


__._,_.___
Recent Activity:
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Milis Pers Indonesia
Powered by : http://www.GagasMedia.com
GagasMedia.Com Komunitas Penulis Indonesia
Publish Tulisan Anda Disini !

Khusus Iklan Jual-Beli HP/PDA
Ratusan Game/Software HP Gratis
http://www.mallponsel.com

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar