Ref. Apakah puja puji mobil listrik nasional seperti hirukpikuk "blue enegeri"?
RABU, 25 Juli 2012 | 247 Hits
Ir. Felix Christanto, Direktur Wahana Inovasi Utama
DARI MOBIL ESEMKA HINGGA MOBIL LISTRIK INDONESIA
Apakah persamaan dari mobil Esemka dan Mobil Listrik Indonesia?, orang – orang yang mempopulerkannya adalah orang – orang yang telah terbukti integritasnya terhadap Negeri ini, berorientasi pada semangat kearifan lokal, walaupun disayangkan daya dorongnya belum maksimal karena begitu banyaknya keterbatasan / kompetensi yang harus diperjuangkan. Membangun budaya Iptek sangat memerlukan kesadaran tinggi tentang pentingnya budaya litbang (penelitian dan pengembangan) serta kebijakan Pemerintah yang berpihak menyangkut arah pembangunan nasional yang bermartabat, berkelanjutan, serta ber visi jauh kedepan.
Ada tiga faktor penting yang melandasi gerak industry pada suatu Negara agar bisa berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan yakni seberapa besar tingkat penguasaannya terhadap piranti keras ( Hard ware ), piranti lunak ( Soft ware )serta SDM ( Brain Ware ). Kita semua harus sepakat bahwa tidak semestinya suatu produk untuk konsumsi luas, seluruh komponennya harus buatan dalam negeri. Juga alangkah tidak pantas jika seluruh komponennya harus diimport dari luar. perusahaan dengan bidang – bidang Spesialisasi yang bisa menghasilkan mutu yang tinggi dengan harga kompetitif tersebar meluas diseluruh dunia.
Pada tingkatan inilah dilema dan peluang dalam pemilihan bercampur aduk dalam pengambilan suatu keputusan. Kebijakan yang cerdik dari Negara – Negara yang dikenal hebat sebagai penarik investasi adalah menawarkan kemudahan dan fasilitas investasi demi untuk tercapainya proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Di RRC misalnya jenis investasi ini mengharuskan seluruh produk nya berorientasi eksport sementara pasar dalam negeri akan dilayani oleh produksi Perusahaan nasional. Dengan kebijakan demikian perusahaan lokal mendapat sparing partner bersaing secara kualitatif tidak saling mematikan bahkan bahu membahu saling bertukar pengalaman demi mendapatkan produk yang terbaik pada zamannya.
Perangkat keras berkaitan dengan perkembangan ilmu material ( ilmu logam dan sejenisnya). ketika kita mau menggunakan produksi dalam negeri dengan kandungan lokal setinggi mungkin dalam industri mobil listrik maka penelitian dibidang Nano teknologi menjadi suatu keharusan. Material –material komposit dengan karakter ringan tetapi sangat kuat semisal serat karbon harus digunakan untuk dapat melahirkan mobil yang ringan, efisien dan aman bagi pengendara.
Desain mikroprosesor sebagai otak pengendali yang cerdas juga sangat bergantung pada penelitian di bidang ini. Para ilmuan dunia kini sedang gencar – gencarnya berjuang keras pada penelitian bagaimana menciptakan material super konduktor operasi "suhu dan tekanan" lingkungan agar dapat meniadakan faktor kehilangan akibat adanya tahanan electric pada lilitan suatu motor listrik. jika tercapai maka praktis suatu motor akan berumur sangat panjang serta konsumsi energinya menjadi rendah karena panas yang timbul akibat adanya tahanan electron pada sirkuit sudah tidak ada. Kereta listrik super cepat semisal Maglev Jerman dan RRC, Korea Train Express , Taiwan High Speed Rail, Diretfisima Italya, Eurostat Inggris, shinkansen Jepang, dan pada beberapa Negara lain menerapkan prinsip superkonduktor dimana dalam pergerakannya roda kereta tidak lagi bergesekan dengan bantalan / relnya tetapi mengapung di udara dalam arahan medan magnet. Baterei / aki sebagai sumber penyimpan energy untuk mobil listrik juga masih menyimpan sejumlah masalah termasuk masih relative mahal, limbahnya cenderung beracun (B3) sehingga masih menarik untuk diteliti pengembangannya.
perangkat lunak berkaitan dengan pemograman sebagai otak pengendali yang umum Kita kenal dengan CPU (Central Prossesing Unit). Bagian ini merupakan bagian tersulit dimana tingkat ketergantungannya masih sangat tinggi terhadap produk Negara – Negara maju. Produk produk ini adalah produk industry strategis yang relative tak akan diproduksi di negara asing sehingga menjadi monopoli Negara penciptanya. Sebaliknya perangkat keras cenderung menjadi komoditas yang direlokasi besar – besaran pada negara negara yang berlimpah bahan bakunya.
Bagian ketiga Brain ware bertumpu pada kualitas SDM (sumber daya manusia) sebagai pemegang otoritas tertinggi. Pada Negara Negara dengan tingkat pemikiran tinggi, batas batas kewarganegaraan sudah menjadi tidak penting lagi. Yang penting bagaimana SDM terbaik dari seluruh dunia bisa berkontribusi mendukung sistemnya agar berkembang menjadi yang terbaik. Pada tingkatan ini Indonesia banyak kehilangan putera – puteri terbaik Bangsa karena tidak kondusifnya budaya Iptek. Jika Kita berkaca pada perjalanan karir seorang Habibie, Kita akan tahu bahwa membangun system tidak semudah membalik telapak tangan. Karir tertingginya adalah menjadi wakil presiden direktur perusahaan penerbangan MBB Jerman. Suatu jabatan tertinggi yang pernah dipegang orang asing yang kebetulan berkewarganegaraan Indonesia.
Bagi Jerman yang terpenting adalah kontribusinya bagi kemajuan Jerman dan MBB secara khusus. Bagaimana realisasi membangun industry dirgantara di tanah air ?. jalannya panjang dan berliku. SDM harus disekolahkan dalam jumlah yang cukup. Di magangkan pada perusahaan sejenis di Jerman. Apa reaksi dunia ketika gagasannya diutarakan?, beliau ditertawakan sebagai bangsa yang tidak akan mampu karena tidak berbudaya IPTEK. Akhirnya yang paling realistis adalah merintis industry perakitan dengan membeli lisensi, berkembang menjadi desain konstruksi sampai akhirnya bisa berproduksi total. Kita tidak bisa bertumpu semata pada tingginya pendidikan serta asal didikannya dengan mengabaikan faktor pengalaman dan system yang terbangun sebagai penentu umpan balik terbaik untuk bermawas diri bahwa Kita tak akan pernah puas dengan apa yang sudah diperoleh agar bisa lebih baik lagi.
Listrik adalah suatu proses perpindahan electron pada materi yang bersifat konduktor. Listrik itu sendiri dibagi dua yakni listrik berarus AC ( alternating current ), arus bolak balik yang kita kenal pada pemakaian komersial dirumah – rumah. Jenis listrik ini memberikan efek kejut /sengatan ketika tersentuh yang bisa berakibat kematian. Jenis lainnya adalah listrik berarus DC (Direct Current), jenis arus searah yang tidak berefek kejut ketika tersentuh. Mobil listrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik DC sebagai penggerak serta alternator DC untuk pengereman dalam satu paket rancangan. Pengereman mobil konvensional (bahan bakar fosil) bersifat mekanis sementara pengereman mobil listrik bersifat magnetis yang fungsinya sekaligus untuk mengisi (charging) kembali baterei.
Masa depan mobil listrik di Indonesia bisa dibilang cerah seiring dengan tingginya intensitas matahari sebagai berkah dari letaknya digaris khatulistiwa. Mengingat terbatasnya daya penyimpanan baterei sebagai sumber energy penggerak, alternative yang paling mungkin untuk mempertahankan keandalannya pada setiap medan adalah menghadirkan mesin pengisi baterei kembali. Untuk wilayah perkotaan, mesin pengecash (pengisi) baterei tidak masalah karena hadirnya sumber listrik dari PLN. Di tempat fasilitas umum, sudah pasti dengan mudah tersedia meteran pengisi baterei sebagai sumber bisnis baru. Untuk operasional di daerah pedesaan opsionalnya menjadi lebih ruwet. Desainnya lebih cocok sebagai mobil hybrid yakni mobil listrik yang dilengkapi diesel kecil untuk pengisian baterei pada saat dibutuhkan didaerah yang tak terjangkau listrik mengingat rasio elektrifikasi di tanah air masih tergolong rendah.
Bisa juga ekonomi kerakyatan dirintis dengan membangun stasiun pengisian listrik dari panel surya. Rakyat atau koperasi bisa mengelolanya untuk kepentingan pemakaian sendiri serta dapat menjualnya pada kendaraan yang membutuhkan. Masa depan ideal untuk mobil listrik adalah bagaimana mobil tersebut bisa memenuhi sendiri kebutuhan energinya dengan melapisi seluruh bodinya dengan panel surya (Foto voltaic).
Energy listrik ramah lingkungan menjadi primadona penyelamatan bumi setelah efek pemanasan global berupa perubahan iklim ekstrim makin menyusahkan banyak orang. Dampak curah hujan berlebihan membuat banjir dan longsor terjadi dimana – mana. Kekeringan ekstrim sama dampaknya berupa gagal panen. Bencana kelaparan dan wabah penyakit menjadi sangat potensial, Pemutihan terumbu karang terus terjadi membuat populasi biota laut menurun drastis.
Listrik ramah lingkungan harus diletakan pada pola pembangunan secara integral bukan parsial. Tahun lalu perusahaan Boeing melakukan uji coba penerbangan tanpa awak dengan merancang pesawat listrik yang seluruh bodinya ditutupi panel surya. Tahapan prototip harus dilakukan untuk mengetahui unjuk kerjanya serta efisiensi yang mendasarinya agar produk tersebut dinyatakan layak.
Pada tahapan inilah Pak Dahlan Iksan selaku inisiator harus berhati hati. Pendidikan tinggi para perancang tidak bisa dibilang jaminan pasti keberhasilan program. Jika alasannya untuk menurunkan "emisi udara serta beban subsidi BBM", sumber energy untuk mengisi kembali tidak boleh dari pembangkit berbahan bakar fosil. Dalam ilmu teknik Kita kenal apa yang dinamakan faktor kehilangan (efisiensi). Jika suatu mobil listrik mendapatkan total energy pengisian kembali dari pembangkit BBM maka secara teoritis penggunaan mobil listrik lebih "boros BBM dan berpolusi' dibandingkan dengan langsung menggunakan mobil BBM karena konversi energy dari BBM ke listrik untuk menghasilkan energy gerak pasti lebih besar kehilangannya dibandingkan jika kita langsung menggunakan energy BBM menjadi energy gerak melalui combustion ( pembakaran). Maju terus Pak Dahlan, karena dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Semoga. (*
Ada tiga faktor penting yang melandasi gerak industry pada suatu Negara agar bisa berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan yakni seberapa besar tingkat penguasaannya terhadap piranti keras ( Hard ware ), piranti lunak ( Soft ware )serta SDM ( Brain Ware ). Kita semua harus sepakat bahwa tidak semestinya suatu produk untuk konsumsi luas, seluruh komponennya harus buatan dalam negeri. Juga alangkah tidak pantas jika seluruh komponennya harus diimport dari luar. perusahaan dengan bidang – bidang Spesialisasi yang bisa menghasilkan mutu yang tinggi dengan harga kompetitif tersebar meluas diseluruh dunia.
Pada tingkatan inilah dilema dan peluang dalam pemilihan bercampur aduk dalam pengambilan suatu keputusan. Kebijakan yang cerdik dari Negara – Negara yang dikenal hebat sebagai penarik investasi adalah menawarkan kemudahan dan fasilitas investasi demi untuk tercapainya proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Di RRC misalnya jenis investasi ini mengharuskan seluruh produk nya berorientasi eksport sementara pasar dalam negeri akan dilayani oleh produksi Perusahaan nasional. Dengan kebijakan demikian perusahaan lokal mendapat sparing partner bersaing secara kualitatif tidak saling mematikan bahkan bahu membahu saling bertukar pengalaman demi mendapatkan produk yang terbaik pada zamannya.
Perangkat keras berkaitan dengan perkembangan ilmu material ( ilmu logam dan sejenisnya). ketika kita mau menggunakan produksi dalam negeri dengan kandungan lokal setinggi mungkin dalam industri mobil listrik maka penelitian dibidang Nano teknologi menjadi suatu keharusan. Material –material komposit dengan karakter ringan tetapi sangat kuat semisal serat karbon harus digunakan untuk dapat melahirkan mobil yang ringan, efisien dan aman bagi pengendara.
Desain mikroprosesor sebagai otak pengendali yang cerdas juga sangat bergantung pada penelitian di bidang ini. Para ilmuan dunia kini sedang gencar – gencarnya berjuang keras pada penelitian bagaimana menciptakan material super konduktor operasi "suhu dan tekanan" lingkungan agar dapat meniadakan faktor kehilangan akibat adanya tahanan electric pada lilitan suatu motor listrik. jika tercapai maka praktis suatu motor akan berumur sangat panjang serta konsumsi energinya menjadi rendah karena panas yang timbul akibat adanya tahanan electron pada sirkuit sudah tidak ada. Kereta listrik super cepat semisal Maglev Jerman dan RRC, Korea Train Express , Taiwan High Speed Rail, Diretfisima Italya, Eurostat Inggris, shinkansen Jepang, dan pada beberapa Negara lain menerapkan prinsip superkonduktor dimana dalam pergerakannya roda kereta tidak lagi bergesekan dengan bantalan / relnya tetapi mengapung di udara dalam arahan medan magnet. Baterei / aki sebagai sumber penyimpan energy untuk mobil listrik juga masih menyimpan sejumlah masalah termasuk masih relative mahal, limbahnya cenderung beracun (B3) sehingga masih menarik untuk diteliti pengembangannya.
perangkat lunak berkaitan dengan pemograman sebagai otak pengendali yang umum Kita kenal dengan CPU (Central Prossesing Unit). Bagian ini merupakan bagian tersulit dimana tingkat ketergantungannya masih sangat tinggi terhadap produk Negara – Negara maju. Produk produk ini adalah produk industry strategis yang relative tak akan diproduksi di negara asing sehingga menjadi monopoli Negara penciptanya. Sebaliknya perangkat keras cenderung menjadi komoditas yang direlokasi besar – besaran pada negara negara yang berlimpah bahan bakunya.
Bagian ketiga Brain ware bertumpu pada kualitas SDM (sumber daya manusia) sebagai pemegang otoritas tertinggi. Pada Negara Negara dengan tingkat pemikiran tinggi, batas batas kewarganegaraan sudah menjadi tidak penting lagi. Yang penting bagaimana SDM terbaik dari seluruh dunia bisa berkontribusi mendukung sistemnya agar berkembang menjadi yang terbaik. Pada tingkatan ini Indonesia banyak kehilangan putera – puteri terbaik Bangsa karena tidak kondusifnya budaya Iptek. Jika Kita berkaca pada perjalanan karir seorang Habibie, Kita akan tahu bahwa membangun system tidak semudah membalik telapak tangan. Karir tertingginya adalah menjadi wakil presiden direktur perusahaan penerbangan MBB Jerman. Suatu jabatan tertinggi yang pernah dipegang orang asing yang kebetulan berkewarganegaraan Indonesia.
Bagi Jerman yang terpenting adalah kontribusinya bagi kemajuan Jerman dan MBB secara khusus. Bagaimana realisasi membangun industry dirgantara di tanah air ?. jalannya panjang dan berliku. SDM harus disekolahkan dalam jumlah yang cukup. Di magangkan pada perusahaan sejenis di Jerman. Apa reaksi dunia ketika gagasannya diutarakan?, beliau ditertawakan sebagai bangsa yang tidak akan mampu karena tidak berbudaya IPTEK. Akhirnya yang paling realistis adalah merintis industry perakitan dengan membeli lisensi, berkembang menjadi desain konstruksi sampai akhirnya bisa berproduksi total. Kita tidak bisa bertumpu semata pada tingginya pendidikan serta asal didikannya dengan mengabaikan faktor pengalaman dan system yang terbangun sebagai penentu umpan balik terbaik untuk bermawas diri bahwa Kita tak akan pernah puas dengan apa yang sudah diperoleh agar bisa lebih baik lagi.
Listrik adalah suatu proses perpindahan electron pada materi yang bersifat konduktor. Listrik itu sendiri dibagi dua yakni listrik berarus AC ( alternating current ), arus bolak balik yang kita kenal pada pemakaian komersial dirumah – rumah. Jenis listrik ini memberikan efek kejut /sengatan ketika tersentuh yang bisa berakibat kematian. Jenis lainnya adalah listrik berarus DC (Direct Current), jenis arus searah yang tidak berefek kejut ketika tersentuh. Mobil listrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik DC sebagai penggerak serta alternator DC untuk pengereman dalam satu paket rancangan. Pengereman mobil konvensional (bahan bakar fosil) bersifat mekanis sementara pengereman mobil listrik bersifat magnetis yang fungsinya sekaligus untuk mengisi (charging) kembali baterei.
Masa depan mobil listrik di Indonesia bisa dibilang cerah seiring dengan tingginya intensitas matahari sebagai berkah dari letaknya digaris khatulistiwa. Mengingat terbatasnya daya penyimpanan baterei sebagai sumber energy penggerak, alternative yang paling mungkin untuk mempertahankan keandalannya pada setiap medan adalah menghadirkan mesin pengisi baterei kembali. Untuk wilayah perkotaan, mesin pengecash (pengisi) baterei tidak masalah karena hadirnya sumber listrik dari PLN. Di tempat fasilitas umum, sudah pasti dengan mudah tersedia meteran pengisi baterei sebagai sumber bisnis baru. Untuk operasional di daerah pedesaan opsionalnya menjadi lebih ruwet. Desainnya lebih cocok sebagai mobil hybrid yakni mobil listrik yang dilengkapi diesel kecil untuk pengisian baterei pada saat dibutuhkan didaerah yang tak terjangkau listrik mengingat rasio elektrifikasi di tanah air masih tergolong rendah.
Bisa juga ekonomi kerakyatan dirintis dengan membangun stasiun pengisian listrik dari panel surya. Rakyat atau koperasi bisa mengelolanya untuk kepentingan pemakaian sendiri serta dapat menjualnya pada kendaraan yang membutuhkan. Masa depan ideal untuk mobil listrik adalah bagaimana mobil tersebut bisa memenuhi sendiri kebutuhan energinya dengan melapisi seluruh bodinya dengan panel surya (Foto voltaic).
Energy listrik ramah lingkungan menjadi primadona penyelamatan bumi setelah efek pemanasan global berupa perubahan iklim ekstrim makin menyusahkan banyak orang. Dampak curah hujan berlebihan membuat banjir dan longsor terjadi dimana – mana. Kekeringan ekstrim sama dampaknya berupa gagal panen. Bencana kelaparan dan wabah penyakit menjadi sangat potensial, Pemutihan terumbu karang terus terjadi membuat populasi biota laut menurun drastis.
Listrik ramah lingkungan harus diletakan pada pola pembangunan secara integral bukan parsial. Tahun lalu perusahaan Boeing melakukan uji coba penerbangan tanpa awak dengan merancang pesawat listrik yang seluruh bodinya ditutupi panel surya. Tahapan prototip harus dilakukan untuk mengetahui unjuk kerjanya serta efisiensi yang mendasarinya agar produk tersebut dinyatakan layak.
Pada tahapan inilah Pak Dahlan Iksan selaku inisiator harus berhati hati. Pendidikan tinggi para perancang tidak bisa dibilang jaminan pasti keberhasilan program. Jika alasannya untuk menurunkan "emisi udara serta beban subsidi BBM", sumber energy untuk mengisi kembali tidak boleh dari pembangkit berbahan bakar fosil. Dalam ilmu teknik Kita kenal apa yang dinamakan faktor kehilangan (efisiensi). Jika suatu mobil listrik mendapatkan total energy pengisian kembali dari pembangkit BBM maka secara teoritis penggunaan mobil listrik lebih "boros BBM dan berpolusi' dibandingkan dengan langsung menggunakan mobil BBM karena konversi energy dari BBM ke listrik untuk menghasilkan energy gerak pasti lebih besar kehilangannya dibandingkan jika kita langsung menggunakan energy BBM menjadi energy gerak melalui combustion ( pembakaran). Maju terus Pak Dahlan, karena dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Semoga. (*
__._,_.___
------------------------------------------------------------------
TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.
Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com
**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
: Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages
ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.
Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com
**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
: Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages
ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
.
__,_._,___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar