Jumat, 30 Desember 2011

«PPDi» Angkatan Kerja Tambah 2 Juta Orang di 2012

 

Refl: Mau ditampung, taruhnya dimana, mau dibiarkan terlantar tambah repot. Inilah dilema yang sulit solusinya. Mungkin sekali tinggal hanya alternatif TKI/TKW yang dipakai untuk dikirim ke negeri-negeri sahabat.
 
 
KAMIS, 28 Desember 2011 |
 
Angkatan Kerja Tambah 2 Juta Orang di 2012
 
 
Jakarta, AE.- Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans) memproyeksikan pada tahun 2012 angkatan kerja di Indonesia bakal bertambah sebanyak 2,02 juta orang. Sehingga total angkatan kerja di tahun 2012 nanti menjadi 119,39 juta orang.

Sedangkan kesempatan kerja diharapkan bakal bertambah sebanyak 2,70 juta orang sehingga menjadi 112,9 juta orang. "Secara umum pada tahun 2012, angkatan kerja masih didominasi oleh lulusan SD, namun kita harapkan dapat berkurang sebanyak 1,37 juta orang, sehingga menjadi 55,7 juta orang (46,66%)," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (27/12/2011).

Sementara itu pada tahun 2013, angkatan kerja bertambah sebanyak 2,04 juta orang, sehingga menjadi 121,43 juta orang. Kesempatan kerja bertambah sebanyak 2,93 juta orang, sehingga menjadi 115,30 juta orang.

Muhaimin menambahkan berdasarkan penyusunan dan pelaksanaan perencanaan tenaga kerja tahun 2012-2013 yang dilakukan Kemenakertrans, angkatan kerja yang berpendidikan SMTA (sekolah menengah tingkat atas) Kejuruan diharapkan bertambah sebanyak 1,38 juta orang, sehingga menjadi 11,53 juta orang (9,66%).

"Tahun 2012 nanti, Diperkirakan angkatan kerja yang berpendidikan Diploma dan Universitas bertambah sebanyak 1,51 juta orang, sehingga menjadi 11,17 juta orang (9,36%)," tambah Muhaimin.

Menurut Muhaimin, tambahan jumlah angkatan kerja harus dikendalikan baik dari sisi jumlah maupun kualitas agar tidak berpotensi menjadi penganggur. Penciptaan kesempatan kerja yang banyak dan berkualitas, terutama pekerja formal harus diupayakan, serta perlindungan dan kesejahteraan pekerja yang dapat menjamin ketentraman pekerja beserta keluarganya.

Muhaimin mengatakan untuk dapat mencapai target-target tersebut, diperlukan kerja keras dari seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta swasta. Untuk itu, PTKN (perencanaan tenaga kerja nasional) ini segera disosialisasikan ke seluruh Instansi Pembina Sektor dan Daerah agar dijadikan pedoman penyusunan kebijakan dan program di unit kerjanya masing-masing, serta dijabarkan dalam Perencanaan Tenaga Kerja Sektoral, Perencanaan Tenaga Kerja Provinsi dan Perencanaan Tenaga Kerja Kabupaten/Kota.

Namun Muhaimin optimis terserapnya pengangguran karena bertambahnya kesempatan kerja di tahun-tahun mendapatang. "Sektor-sektor yang masih menyediakan kesempatan kerja dalam jumlah besar adalah sektor pertanian, sektor pertambangan, industri pengolahan, listrik, gas dan air, bangunan, perdagangan, hotel, restoran, sektor angkutan dan komunikasi serta sektor keuangan dan jasa," kata Muhaimin."Sektor formal akan bertambah sebanyak 1,34 juta orang, sehingga menjadi 42,83 juta orang (38,12%), sedangkan kewirausahaan (entrepreneur) bertambah sebanyak 787 ribu orang," imbuh Politisi PKB ini.

__._,_.___
Recent Activity:
------------------------------------------------------------------
                       TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.

Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com

**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
               : Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
                          http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages

ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar