Sabtu, 10 Desember 2011

[forumpembaca-kompas] HANCURNYA MESIR KUNO

 

http://dianweb.org/Nubuat/NUBUAT4.HTM

Salah satu nama yang romantik dan mempesona dalam seluruh sejarah adalah "MESIR" Tidak ada kawasan perumahan di bumi ini yang begitu menggairahkan, penuh pesona, dan menarik seperti Mesir. Negeri Piramid, Sphinks, dan Sungai Nil: tempat kesenian yang antik, yang tiada taranya dalam kemewahan dan kemegahan -- Mesir sudah berabad-abad lamanya menjadi keajaiban yang tidak habis-habisnya. Tetapi yang menjadi dasar kemegahannya bukanlah kekuatan militernya -- melainkan kekayaan sumber daya alamnya, "Karunia Sungai Nil" dan "Lumbung Gandum Dunia" ini." Mesir menjadi lambang kemakmuran dan kekayaan yang didambakan. Kapal-kapal yang sarat muatan gandum dari Mesir berlayar ke seluruh negeri di pantai Laut Mediterania. Buluh Papirus, bahan baku untuk pembuatan kertas, tumbuh dengan subur di daerah berupaya sepanjang Sungai Nil; dan "Gulungan Papirus" sebagai hasil penemuan Mesir menjadi bahan ekspor utama ke negara-negara sekitarnya.

Juga, dalam hal pertahanan alamiah, Mesir menjadi suatu negara yang unik dan mengesankan. Di bagian selatan negeri itu dilindungi oleh air terjun dari Sungai Nil; di sebelah timur dan barat dilindungi oleh padang pasir, sedangkan di sebelah utara oleh lautan. Secara militer dan ekonomi, negeri itu tampaknya tidak dapat ditaklukkan. Namun demikian, negeri ini mengalami kemerosotan dari sebuah bangsa yang angkuh menjadi bangsa yang luluh menjadi debu, sehingga Mesir yang ada sekarang ini hanyalah sebuah bayang-bayang yang pucat tak berdarah dari kemegahan masa silam.

Dengan ramalan yang tegas,  Alkitab meramalkan kemunduran negeri Mesir dari kebesaran kepada kesederhanaan. Dua sifat yang menonjol telah menandai nubuatan ini: (1) KEMEROSOTAN, sampai kepada ketidak beradaannya, tetapi (2) BERTAHAN -- suatu tekad membaja untuk bertahan pada sisa-sisa walau titik terendah. Sementara Babel dan Siria akan dimusnahkan dan akan menghilang tetapi Mesir akan bertahan sebagai suatu bangsa sekalipun dalam kehinaan dan kelemahan yang berkepanjangan. Dari nubuat-nubuat ini kita dapat mengambil makna yang rinci:

Yehezkiel 30:14-16 Dua dari kotanya yang bisa dibanggakan yakni Thebes, Ibu kota Mesir kuno, dan Memphis akan mengalami kemusnahan.

Yehezkiel 30:6,18 "Kecongkakan Mesir yang ditimbulkan kekuatannya akan patah.... Kekuatannya akan berakhir."

Yesaya 19:7,9 "Rumput di tepi Sungai Nil dan seluruh tanah persemaian pada Sungai Nil akan menjadi kering ditiup angin dan tidak ada lagi.... Orang-orang yang mengolah lenan akan mendapat malu!" Dua tempat industri - yang telah dibangun dalam kurun waktu lebih dua ribu tahun -- akan runtuh. (Catatan: Seorang wisatawan yang belum lama berselang berkunjung ke Mesir (1985) menyaksikan bahwa buluh papirus di sana sudah tidak ada lagi. Dalam perjalanan yang panjang menelusuri hulu Sungai Nil, ia hanya dapat melihat beberapa batang dari tanaman yang legendaris tersebut. Selain dari kebun tanaman papirus yang dibudidayakan untuk keperluan cindera mata bagi turis, ia tidak melihat lagi papirus selain dari yang dibudidayakan di taman botani di dunia ini.

Yehezkiel 30:13 "Tidak akan ada lagi pemimpin di tanah Mesir. Bukan saja hanya kerajaan Mesir yang menghilang tanpa jejak, tetapi semenjak kekalahannya dari Persia pada tahun 341 S.M. tidak ada lagi putra pribumi atau penguasa yang muncul memiliki kekuasaan yang bisa mendekati kekuasaan Raja Firaun dulu kala.

Yehezkiel 30:12 "Aku akan mengeringkan anak-anak Sungai Nil dan akan  menyerahkan tanah itu dalam tangan orang asing. Orang-orang Persia, Yunani, Roma, Yunani Bizantin, Saracu, Turki, Perancia dan Inggris adalah deretan "orang-orang asing" yang telah menjajah atau memerintah di Mesir selama kurang lebih 2500 tahun. Sekalipun pada dewasa ini (tahun 1986) Mesir sudah menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, namun negara itu bukanlah suatu monarki yang diperintah seorang raja turun temurun, melainkan sebagai suatu negara republik.

Yehezkiel  29:14,15 "Menjadi kerajaan yang lemah... Di antara kerajaan-kerajaan ia akan paling lemah... sehingga mereka tidak akan memerintah bangsa-bangsa lagi."

Yang dulunya menjadi istana kediaman raja-raja Firaun, Mesir modern telah menjadi museum besar yang terbuka, penuh debu serta panas dan lembab, serta menjadi ruang pamer bagi seluruh dunia, suatu pemandangan bagi orang yang ingin tahu dari seluruh bangsa. Bukan lagi menjadi suatu bangsa dunia dengan kekuasaan besar; industri yang terkenal dari negara itu hanyalah "industri Parawisata", dan pernyataan utama yang diakui dunia internasional hanyalah "kuburan yang dimakan karat usia dan monomen yang indah yang menggambarkan kemuliaan masa lalu.


NUBUATAN MENGENAI ORANG YAHUDI
http://dianweb.org/Nubuat/NUBUAT5.HTM

NUBUATAN MENGENAI ORANG YAHUDI

Dimuatnya nubuatan ini tidak dimaksudkan untuk merendahkan orang Yahudi, namun justru menyatakan kebesaran dan kebenaran "Allah dari orang Yahudi". Suatu kali raja Prusia yang bernama Frederick bertanya kepada seorang pengkhotbah di negaranya: "Beritahukan kepadaku, apakah bukti yang terbesar yang menunjukkan bahwa Alkitab ini diispirasikan oleh Tuhan?" Tanpa ragu sedikitpun, pendeta tersebut berkata, "Orang Yahudi, Baginda, orang Yahudi!". 

Adanya orang Yahudi yang menyembah Allah Pencipta langit dan bumi, serta menuruti Sepuluh Perintah Allah, termasuk di dalamnya hukum hari Sabat, menunjukkan bahwa apa yang ditulis Alkitab adalah benar. Lebih dari itu, apa yang telah terjadi kepada orang Yahudi boleh menjadi kegenapan nubuatan Alkitab.

Nubuatan Alkitab mengenai orang Yahudi yang telah tergenapi :

1. Tercerai Berai

Alkitab berkata, "Jika engkau tidak melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat yang tertulis dalam kitab ini, dan engkau tidak takut akan Nama yang mulia dan dahsyat ini, yakni akan TUHAN, Allahmu, 
. . .   TUHAN akan menyerakkan engkau ke antara segala bangsa dari ujung bumi ke ujung bumi ..." Ulangan 28: 58, 64. Nubuatan lain menyebutkan bahwa , "Allahku akan membuang mereka, sebab mereka tidak mendengarkan Dia, maka mereka akan mengembara di antara bangsa-bangsa" Hosea 9:17

Sekarang ini kita dapatkan orang Yahudi dengan segala profesi: pedagang, pekerja bank, pemain musik, ilmuwan, penulis, dokter dan banyak lainnya, tersebar di seluruh dunia. Anda akan dapatkan orang berdarah Yahudi di Amerika Serikat, Amerika Selatan, Rusia, Eropa dan di mana saja. Diperkirakan penduduk Yahudi kurang dari 16 juta pada tahun 1939. Lebih kurang 5 juta meninggal waktu perang dunia kedua, sisanya hanya 11 juta, tetapi kita dapatkan banyak yang mengembara di mana-mana.

2. Dihina.

Alkitab telah menyebutkan apa yang terjadi kepada mereka bila mereka tidak menuruti kehendak Tuhan. "Engkau akan menjadi kedahsyatan, kiasan dan sindiran di antara segala bangsa, ke mana Tuhan akan menyingkirkan engkau." Ulangan 28:37. Nubuatan ini telah tergenapi dan akan terus digenapi. Ke mana saja kita pergi, istilah "Yahudi" menjadi bahan ejekan. Sangat lumrah bagi banyak orang untuk tidak suka bergaul dengan orang Yahudi. Yahudi telah dikucilkan oleh banyak negara. Sebenarnya orang Yahudi telah mendapatkan banyak terang kebenaran, namun banyak dari mereka tidak mau menghidupkannya, dan sebagai kegenapan nubuatan, orang Yahudi telah menjadi bahan ejekan.

3. Mengalami Aniaya.

"Tetapi kamu akan Kuserakkan di antara bangsa-bangsa lain dan Aku akan menghunus pedang di belakang kamu, . . ." Imamat 26:33, "dan kamu akan memakan daging anak-anakmu lelaki dan anakanakmu perempuan, " ayat-29. Dalam sejarah orang Yahudi, hal ini telah terjadi berulang kah. Pada tahun 70 Sesudah Masehi, setelah tentara Romawi menjatuhkan Yerusalem, 2 juta orang Yahudi mati atau mengalami pengalaman jadi budak yang.lebih buruk daripada kematian. Sejarah mencatat, banyak dari mereka yang makan daging anak-anak mereka sendiri (4)

Musa telah membebaskan mereka dari perbudakan Mesir, namun Tuhan telah memberikan amaran kepada mereka, "Tuhan akan membawa engkau kembali ke Mesir dengan kapal... di sana kau akan mendwarkan diri kepada musuhmu sebagai budak lelaki dan budak perempuan..." Ularrgan 28:68. Sejarah mencatat bagaimana orang Yahudi dibawa, digiring, dan,dijual semurah harga kuda".(5)  Disebutkan mereka banyak bekerja di Mesir dalam pertambangan-pertambangan, lelaki-perempuan, tua-muda, sering dalam keadaan dirantai, digiring dengan ancaman cemeti dengan mengangkat beban berat, dan banyak yang mati karena kehabisan tenaga.

Apa yang telah terjadi kepada orang Yahudi pada Perang Dunia II juga merupakan kegenapan nubuatan. Dikatakan bahwa dalam satu malam di Polandia, 80.000 orang Yahudi dibunuh oleh tentara Nazi. Pada Perang Dunia II tersebut, ribuan yang ditembak, digantung, atau dipancung satu persatu. Rombongan besar yang harus kerja paksa, kelaparan dan disiksa sampai mati. Banyak yang mati di kamar gas beracun, dibakar atau dikubur hidup-hidup dalam gua besar. Nazi telah membunuh sekitar 5 juta orang Yahudi. Tidak ada gambaran yang sempurna yang dapat menunjukkan kegenapan nubuatan yang diberikan Musa. Jelasnya Musa telah berkata, " Tuhan akan menyerakkan engkau ke antara segala bangsa dari ujung bumi ke ujung bumi; ... Engkau tidak akan mendapat ketenteraman di antara bangsa-bangsa itu dan tidak akan ada tempat berjejak bagi telapak kakimu. . ... (Ulangan 28 : 64-65). Untuk 1800 tahun, orang Yahudi tidak mempunyai tempat untuk berpijak, tersebar ke seluruh dunia, tetapi tidak mempunyai tanah air. Dengan usaha Inggris dan Amerika, akhirnya mereka bisa mendirikan kembali negara Israel pada tahun 1948,  tetapi sampai sekarang, negara yang mereka tempati tetap menjadi satu sengketa. Apa yang telah dinubuatkan telah menjadi suatu kenyataan.

4. Tidak Musnah Sama Sekali

Walaupun mereka akan porak poranda, tercerai-berai, dihina dan teraniaya, namun mereka tidak sampai musnah sama sekali sebagai suatu bangsa. Walaupun Tuhan sudah berkata, "Demikianlah akan Kupecahkan bangsa ini dan kota ini, seperti orang memecahkan tembikar tukang periuk, sehingga tidak dapat diperbaiki lagi." (Yeremia 19:11), namun mereka tidak akan musnah sama sekali; sebab Tuhan telah berfirman, "Sesungguhnya, seperti kegenapan-ketetapan ini tidak akan beralih dari hadapan-Ku, demikianlah firman Tuhan, demikianlah keturunan Israel juga tidak akan berhenti menjadi bangsa di hadapan-Ku untuk sepanjang waktu." (Yeremia 31:36)

Kegenapan nubuatan ini terlihat dari tulisan H. L. Hasting yang mendspakan tentang orang Yahudi, "Setelah tersebar ke seluruh tanah dengan segala macam iklim, bercampur dengan segala bangsa, menyesuaikan diri mereka dengan segala lingkungan, cuaca, kondisi dan pemerintahan, dan walaupun ditindas dan dihina, namun kehormatan kembali timbul saat tekanan aniaya itu diangkat; dengan pergi menunggang kereta kerajaan Firaun dari penjara Mesir, dan dari antara anak-anak tawanan; untuk duduk di tempat yang tinggi di Babel dan Persia; mendapatkan pengaruh, memenangkan kekayaan, mendapatkan kuasa, dan mengalahkan persaingan, lebih berhasil banyak, teratur, bertarak, sehat, dan hidup lebih panjang dari bangsa lain, dengan jumlah yang lebih banyak, dan berpengaruh sekarang ini, setelah 1800 tahun penindasan, . . . kembali berjaya... layak untuk menjadi pertimbangan kitsa secara hati-hati.(6)

Sebagai kesimpulan dari bagian ini kita dapat mengambil inti yang penting bahwa sesuai dengan nubuatan Alkitab, orang Yahudi yang tidak menuruti kehendak Tuhan telah tercerai berai, mengalami penganiayaan dan penindasan, tetapi penindasan itu sama sekali tidak sampai memusnahkan bangsa itu. Walaupun sekarang ada satu negara Israel, tetapi keadaannya tetap mengalami banyak sengketa. Sekarang ini, lebih banyak orang Yahudi di negara lain dibandingkan dengan yang ada di Israel, dan ini menunjukkan kegenapan nubuatan dan kebenaran Alkitab.

(4) Arthur E. Lickey, God Speaks to Modern Man. Washington D C, Review and Herald Publishing Assc, 1963, hal 118.

(5) H M Hilman, The History of the Jews, vol 2. hal 436

(6) Lickey, hal 225.


KUNCI  UNTUK   LAMBANG   ALKITAB
http://dianweb.org/Nubuat/NUBUAT7.HTM

KUNCI  UNTUK   LAMBANG   ALKITAB

*********************************************************

 

1. ANGIN = PEPERANGAN, PEREBUTAN KEKUASAAN, KEGELISAHAN, SERANGAN, PENGADILAN ILAHI

 

Daniel 7: 2 

"Keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar,

 

Yeremia 4:13  "Keretanya kencang seperti angin badai"
Yeremia 25: 31-33 "Malapetaka akan menjalar dari bangsa ke bangsa, suatu badai besar akan berkecamuk dari ujung-ujung bumi.
Yeremia  23:19; 30:23    "Angin badai TUHAN
Yeremia 49: 35-37  "Aku akan mendatangkan atas Elam keempat angin dari keempat penjuru langit ... Aku akan menyuruh pedang mengejar mereka
Yeremia 51:1,2,11  "Aku menggerakkan terhadap Babel, terhadap penduduk negeri orang-orang Kasdim, suatu semangat pemusnah ... TUHAN telah membangkitkan semangat raja-raja Media"
Daniel 11: 40  "Dan raja negeri Utara itu akan menyerbunya dengan kereta dan orang-orang berkuda dan dengan banyak kapal;
Wahyu 7: 1,2 : "Empat malaikat ... menahan keempat angin bumi ... yang ditugaskan untuk merusakkan bumi dan laut."

                       

                     :                                                   

 

2. AIR = MANUSIA, ORANG BANYAK, BANGSA-BANGSA, BALA TENTARA

 

Daniel 7: 2,3   "Keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar, dan empat binatang besar naik dari dalam laut.
Yesaya  8 : 7,8   

"Tuhan akan membuat air sungai Efrat yang kuat dan besar ... yaitu raja Asyur"

 

Yesaya 17:12, 13  "Suku-suku bangsa gaduh seperti gaduhnya air yang besar"
Yehezkiel 26: 3         "Aku akan menyuruh bangkit banyak bangsa melawan engkau, seperti lautan menimbulkan gelombang-gelombangnya"
Wahyu 12: 15     

" Lalu ular itu menyemburkan dari mulutnya air, sebesar sungai, ke arah perempuan itu, supaya ia dihanyutkan sungai itu."

 

Wahyu 17:1, 15 "Semua air yang telah kaulihat ...  adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.

 

                  

                                                                 

3. BINATANG =  SUATU BANGSA, KERAJAAN, KUASA POLITIK

 

Daniel  7: 3           

"Dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan uang lain."

 

Daniel  7 : 17    "Binatang-binatang besar yang empat ekor itu ialah empat raja (kerajaan -BIS) yang akan muncul dari dalam bumi"
Daniel 7: 23:  "Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi."
Yeremia 4: 7:     

"Singa (Babel) telah bangkit dari belukar, pemusnah bangsa-bangsa telah berangkat."

 

Yeremia 50: 17:    

"Israel adalah seperti domba yang dicerai-beraikan, dihalaukan oleh singa-singa. Mula-mula Raja Asyur memakan dia, dan sekarang pada akhirnya Nebukadnezar, raja Babel, mengerumit tulang-tulangnya."

 

Yeremia 50: 43, 44:    

"Raja Babel... bangkit keluar dari hutan belukar Sungai Yordan."

 


              

                                                                       

 

4. KEPALA = KERAJAAN, BAGIAN-BAGIAN KERAJAAN

 

Daniel 7: 6:    

"Lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan."

 

Wahyu 12: 3:      "Seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh."
Wahyu 13: 1: "Lalu saya melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh."
Wahyu 17: 3:      "Dan aku melihat seorang perempuan duduk di atas Seekor binatang yang merah ungu.... Mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk."
Wahyu 17: 9, 10 "Ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk, ketujuhnya adalah juga tujuh raja (kerajaan)."

           

       

                    

 

5.TANDUK = RAJA, KERAJAAN, BAGIAN KERAJAAN, KEKUATAN, KUASA

 

Daniel 7: 7:  "Tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat... ia bertanduk sepuluh."
Daniel 7: 24: 

"Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja (kerajaan) yang muncul dari kerajaan itu."

 

Daniel 8: 3, 20:    "Domba jantan yang kaulihat itu, dengan kedua tanduknya, ialah raja-raja (kerajaan) orang Media dan Persia."
Daniel 8: 5, 8, 21:  

"Dan kambing jantan yang berbulu kesat itu ialah raja negeri Yunani, dan tanduk besar yang di antara kedua matanya itu ialah raja yang pertama.

 

Daniel 8: 22:  

"Dan bahwa tanduk itu patah dan pada tempatnya itu muncul empat buah, berarti: empat kerajaan akan muncul dari bangsa itu."

 

Mazmur 75: 14, 5, 10

"Segala tanduk orang fasik akan dihancurkan-Nya; tetapi tanduk-tanduk orang benar akan ditinggikan."

 

Yeremia 48: 25:  "Telah patah tanduk kekuatan Moab."
Wahyu 17: 12, 16:

"Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu adalah sepuluh raja (kerajaan)."

 

               

 

              

         

6. SAYAP  = KECEPATAN BERGERAK, LUAS KEMENANGAN ATAU KECEPATAN BERLARI

 

Daniel  7: 4: 

"Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali."

 

Daniel  7: 6: 

"Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya."

 

Yehezkiel  17: 3, 12:  "Seekor burung rajawali yang besar dengan sayapnya yang besar.... Tidakkah kamu mengetahui apa artinya ini? Katakan: Lihat, raja Babel datang."
Habakuk  1 :6-8     

:"Sebab, sesungguhnya, Akulah yang membangkitkan orang Kasdim,... Kudanya lebih cepat daripada macan tutul ... terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa."

 

Yeremia 4: 13:    "Kudanya (Babel) lebih tangkas daripada burung rajawali." 
UIangan  28: 49:  "Tuhan akan mendatangkan kepadamu suatu bangsa dari jauh... seperti rajawali yang datang menyambar." "Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya is terbang ke tempatnya di padang gurun."
Wahyu 12: 14 

"Kepada perempuan itu diberikan keduaa sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun.

 

                  

                        

 

                         

7. HARI  =  TAHUN 

 

Bilangan  14: 33, 34:   

 "Dan anak-anakmu akan mengembara sebagai penggembala di padang gurun empat puluh tahun lamanya.... Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu."

 

Yehezkiel  4: 6     "Tanggunglah hukuman kaum Yehuda empat puluh hari lamanya; Aku menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun."

     

Catatan : Para penulis Yahudi telah  menggunakan prinsip hari-tahun ini ratusan yang lalu. Contoh I Raja-raja 1:1 (KJV) "Sekarang raja Daud telah tua dan menderita bertahun-tahun, ...".  Kata yang diterjemahkan "bertahun-tahun" di sini sebenarnya adalah "berhari-hari".



xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

                                                                                                                   

>>Surat-menyurat :   hakekathidupku@yahoo.co.id,                           

                                    hakekatku_00@yahoo.co.id,   

                                    hakekatku_05@yahoo.co.id,  

                                    hakekathidup_h5@yahoo.co.id,  

                                    hakekathidupku_nolnol@yahoo.co.id,  

                                    newhakekatku@yahoo.co.id,     

 

 

>> MilisGroup:         hakekatku_00@yahoogroups.com, 

                                    http://groups.yahoo.com/group/hakekatku_00/

 

                                    newhakekatku@yahoogroups.com,

                                    http://groups.yahoo.com/group/newhakekatku/

 

>>B l o g  :               http://bloghakekatku.blogspot.com

__._,_.___
Recent Activity:
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar