Rabu, 21 Desember 2011

[inti-net] Rahasia Dokter Usia Seabad yang Telah Tangani Pasien 4 Generasi

 

Rahasia Dokter Usia Seabad yang Telah Tangani Pasien 4 Generasi
Putro Agus Harnowo - detikHealth

Dr Fred Goldman (dok. msnbc)
Ohio, AS, Pasien, teman dan keluarga Dr Fred Goldman berkumpul di kantornya untuk merayakan usianya yang genap satu abad pada 12 Desember lalu dan mentasbihkannya sebagai dokter berlisensi praktik tertua di Ohio, Amerika Serikat. Dokter ini telah memeriksa dan menangani pasien selama empat generasi.

"Orang-orang bertanya pada saya, mengapa pergi ke dokter yang usianya sudah 100 tahun? Saya memberitahu mereka, karena dia melihat semuanya dan dia tahu segalanya," kata Patti Levine, pasien generasi keempat Dr. Goldman.

Fred Goldman lahir pada tanggal 12 Desember 1911 di West End, Cincinnati. Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga berasal dari Polandia. Ayahnya berasal dari Rusia dan berprofesi sebagai seorang penjaga toko.

Fred Goldman mengaku terinspirasi menjadi dokter dari sang kakak, Leon Goldman, bapak operasi laser yang mendirikan departemen dermatologi University of Cincinnati.

Goldman muda menikah dengan seorang gadis perawat bernama Ester Nelson pada tahun 1938 ketika sedang mengajar di University of Texas. Keduanya kemudian memiliki tiga orang anak. Tiga tahun kemudian, Amerika ikut dalam Perang Dunia II. Goldmans kembali ke Cincinnati dan mendaftar di Angkatan Laut.

Dia pernah mengabdi dalam beberapa pertempuran di Pasifik, yaitu lain lima pertempuran berdarah di Guadalcanal, Kepulauan Solomon, Bougainville, Papua Nugini, dan Teluk Leyte.

Setiap hari, Dr. Goldman memeriksa 12 orang pasien di kantor praktek yang ia sebut 'The Dump' atau sampah. Jadwalnya diatur secara manual oleh karyawan satu-satunya, sang manajer kantor bernama Patti Heath.

"Saya bekerja di sini ketika beliau berusia 91 tahun, saya pikir hanya akan sebentar bekerja. Sembilan tahun kemudian, beliau masih saja kuat. Tahun pertama saya bekerja, saya ambruk di pantai ketika liburan, sementara beliau mendaki padang gurun di Alaska dan bermalam di tenda," kata Patti Heath.

Apa rahasia berumur 100 tahunnya?

Ketika ditanya apa rahasianya tetap sehat dalam usia setua itu, Dr Goldman hanya mengatakan, "Saya tidak punya rahasia. Mungkin karena kantor saya berantakan, dan saya terus berkata saya akan membersihkannya. Dan itu ada dalam gen saya. Ibuku meninggal di usia 91 tahun. Begitu pula salah seorang saudara saya. Saudara yang lain meninggal di tahun 80-an nya. Begitu pula adikku".

Dr Goldman tidak berolahraga, tapi dia terus bergerak. Dia tinggal sendirian di sebuah peternakan sapi di Betel di Clermont County. Dua tahun lalu, dia menyerah untuk memotong rumput. Dia berhenti melakukan hiking di alam liar Alaska pada tahun 2007. Pada tahun yang sama, ia berhenti membersihkan selokannya.

Dia tidak pernah merokok, namun dulu punya kebiasaan mengisap cerutu Kuba setelah makan malam. Tapi setelah Fidel Castro mengambil alih Kuba dan Kuba tak lagi menjadi negara bebas, ia berhenti merokok. Dia juga tidak meminum alkohol, kecuali anggur merah saat perayaan paskah.

Dia selamat dari operasi jantung dan terkena kanker prostat. Pukulan terbesar yang ia derita dalam 100 tahun hidupnya adalah kematian istrinya pada usia 60 tahun di tahun 1998 akibat tumor otak. Sejak itu, dia lebih menghabiskan waktunya untuk bekerja agar tidak larut dalam kesedihan. Sampai saat ini, dia tidak memiliki rencana untuk berhenti.

"Pekerjaan adalah kehidupan. Saya bekerja sesuai permintaan. Jika ada tidak permintaan, tidak ada pekerjaan. Untungnya, permintaan kepada saya tetap ada. Saya merasa saya masih bisa berguna bagi orang lain. Dan, saya masih dapat melakukan pekerjaan. Jadi, tidak ada dalam benak saya untuk mempertimbangkan pensiun," kata Dr Goldman.

"Saya tidak akan bermimpi menasihati dia untuk pensiun. Dr. Goldman memiliki diagnosa yang sangat baik. Dia tahu pasiennya seperti tahu dirinya sendiri. Dia tahu dia masih memiliki tugas untuk hal itu," kata koleganya, Dr. Leo Wayne, 85 tahun.

Dia tidak mengubah pendekatannya dalam merawat pasien sejak membuka praktek swasta pada tahun 1946. Dia menghabiskan setidaknya 30 menit dengan setiap pasien untuk bercakap-cakap.

"Terkadang, itu obat yang terbaik. Saya bukan komandan ataupun bos. Kami bekerja sama untuk membantu pasien," pungkas Dr. Goldman seperti dilansir Dispatch.com, Selasa (20/12/2011).
http://us.health.detik.com/read/2011/12/20/103141/1795249/763/rahasia-dokter-usia-seabad-yang-telah-tangani-pasien-4-generasi?l1101755
Selasa, 20/12/2011 10:31 WIB
(ir/ir)
INDONESIAN BLOG CONSORTIUM

http://jaktvnewsonline.blogspot.com/
http://adsensetravel.blogspot.com/
http://indoexchanges.blogspot.com/
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
http://indofinancialnews.blogspot.com/
http://indonesiaupdates.blogspot.com/
http://chinese-clubs.blogspot.com/
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://export-import-indonesia.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com/
http://lowongannet.blogspot.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
Untuk bergabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
Subscribe our Feeds :
http://feeds.feedburner.com/Tionghoanet

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar