Selasa, 06 Desember 2011

«PPDi» Mayoritas Kondisi Jalan di Indonesia Rusak

 

Refl :Jalan rusak, kendaraan cepat rusak, banyak kecelakan sering terjadi dan sering pula banyak orang mati konyol atau cacat seumur hidup. Siapa subur dan siapa yang mujur?
 
 
 
Mayoritas Kondisi Jalan di Indonesia Rusak
 
JAKARTA
Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengembang Teknologi Preservasi dan Daur Ulang Jalan Indonesia, Agus Taufik Mulyono, mengungkapkan, kondisi jalan di daerah seluruh Indonesia sebagian besar rusak. Untuk jalan kabupaten dan kota sepanjang 288.185 kilometer, misalnya, 52 persen di antaranya dalam kondisi rusak dan hanya 22,4 persen dalam kondisi baik.
"Penyebab kerusakan adalah mutu konstruksi jalan dan faktor alam," kata dia kemarin. Sementara itu, untuk jalan yang dikelola pemerintah provinsi sepanjang 48.681 kilometer, 62 persen di antaranya dalam kondisi rusak dan hanya 5,8 persen dalam kondisi baik.
 
Adapun untuk jalan-jalan nasional, dari panjang jalan 39.310 kilometer, kebanyakan atau sebesar 49,6 persen di antaranya dalam kondisi baik dan yang rusak hanya 16 persen. Jalan nasional dianggap lebih penting ditangani karena 90 persen distribusi barang dan penumpang bertumpu pada jaringan jalan yang merupakan tanggung jawab Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum.
Agus mencontohkan jalan Pantura Jawa termasuk jalan nasional yang selalu diperbaiki setiap tahun. Kondisi jalan itu rusak selama ini akibat beban ganda kendaraan, peningkatan aktivitas prasarana lokal, serta banjir lokal yang merendam jalan.
 
Di sisi lain, pertumbuhan pengguna jalan nasional kini terus meningkat menjadi 91,55 miliar kendaraan per tahun. Panjang penambahan lajur pada ruas jalan nasional sebesar 13 ribu kilometer. Agar tak cepat rusak, dibutuhkan sistem jaringan jalan yang andal di seluruh wilayah nasional.
MUHAMMAD TAUFIK

__._,_.___
Recent Activity:
------------------------------------------------------------------
                       TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.

Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com

**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
               : Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
                          http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages

ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar