Kamis, 23 Agustus 2012

[babadbali] GALUNGAN & KUNINGAN METODA PRAKTIS MERAIH KEMENANGAN

 

GALUNGAN & KUNINGAN METODA PRAKTIS MERAIH KEMENANGAN
Perayaan Hari Galungan dan Kuningan ini bukan semata praktis spiritual belaka, ternyata ada sebuah Pendekatan atau metoda sistimatis yang mengantarkan kita meraih kemenangan (kesuksesan).
***
                Hembusan udara summer season menyesakkan dada, membuatku  dan penghuni Ruwais Housing Complex-Abu Dhabi lainnya enggan keluar rumah terkecuali bila ada hal yang mendesak. Aku memilih bermain bersama kedua putriku Diva dan Gita di dalam rumah, tingkah polahnya yang lucu selalu saja mengundang gelak tawa aku dan istriku. Disela-sela bermain, istriku mengingatkan bahwa minggu depan adalah Hari Raya Galungan, salah satu hari besar agama Hindu di Indonesia untuk merayakan kemenangan Kebaikan (Dharma) melawan Kebatilan (Adharma). Hari Raya ini jatuh pada Hari Rabu Kliwon Dungulan menurut Kalender Bali. Suasana hari Raya di kampung sendiri dan di rantau sungguh berbeda. Aku rindu kue-kue (jaja) dan makanan khas yang biasa dibuat di musim galungan, seperti; jaja matahari, jaja sirat, jaja uli, tape ketan dll. Demikian pula makanan, ada sate lilit, tum, entil, dendeng goreng, rambanan, nasi kuning, ketupat, dll. Ingatanku melayang ke masa kecilku di Pulau Dewata puluhan tahun silam, setiap Hari Raya Galungan Ibu selalu sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk upacara sejak 25 hari sebelum Hari Galungan. Saking tenggelamnya dalam melakukan persiapan, Ibu seringkali lupa makan dan minum.
                Muncul berbagai pertanyaan dalam diriku, kenapa ada banyak rangkaian upacara yang dilalui sebelum mencapai puncak perayaan, Buddha Kliwon Dungulan?. Adakah peninggalan leluhurku ini memberikan sebuah pelajaran yang bisa aku gunakan untuk menjalani kehidupan di era modernisasi?. http://filsafat.kompasiana.com/2012/08/24/galungan-kuningan-metoda-praktis-meraih-kemenangan/

__._,_.___
Recent Activity:
Untuk menghentikan keanggotaan, mohon kirimkan email kosong kepada:
babadbali-unsubscribe@yahoogroups.com

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar