Jumat, 31 Agustus 2012

«PPDi» Pemerintah harus percepat proyek tol trans Jawa

 

Ref: Pusat NKRI dengan dibiayai 70% dari APBN harus dipakai secepat mungkin, kalau tidak bisa habis dimakan rayap.
 

Pemerintah harus percepat proyek tol trans Jawa

Jumat, 31 Agustus 2012 16:09 WIB |

Ilustrasi. Jalan tol. (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) meminta pemerintah mempercepat pembangunan jalan tol trans-Jawa.

Langkah itu diperlukan untuk memperlancar distribusi barang sehingga biaya tak terduga yang dikeluarkan produsen dalam negeri bisa berkurang, kata Ketua Umum GAPMMI, Adhi S. Lukman, di Jakarta, Jumat.

Saat ini, kata dia, untuk mengangkut barang dari Jakarta ke Surabaya menggunakan truk paling cepat waktu tempuhnya 36 jam. Jika jalan tol trans-Jawa dirampungkan, waktu tempuh itu bisa menjadi 24 jam.

Kehadiran jalan tol, menurut Adhi, dapat menurunkan biaya transportasi domestik secara signifikan karena tarif layanan logistik sangat tergantung pada biaya transportasi, seperti BBM dan suku cadang, yang menghabiskan 60--70 persen dari total biaya.

"Ini belum termasuk biaya-biaya ekstra yang selama ini harus dikeluarkan. Seandainya melalui jalan-jalan arteri, baik itu pungutan liar maupun kondisi jalan yang rusak, membuat pengiriman barang bakal terlambat," paparnya.

Apabila truk cepat sampai, lanjut Adhi, akan lebih produktif karena angkutan barang yang semula dalam satu bulan hanya melayani 10 kali. Dengan adanya jalan tol, bisa 15 kali.

"Bila dikonversikan ke biaya produksi akan lebih murah. Jasa logistik terkadang harus melalui beberapa daerah sebelum sampai ke tujuan," ujarnya.

Adhi menambahkan regulasi sendiri ada beberapa kategori resmi, tetapi terkadang masih ditemui tumpang tindih, sedangkan yang membuat biaya tinggi adalah regulasi yang tidak resmi.

"Ruas pantura Jawa yang menjadi jalur utama distribusi barang di Jawa terus mengalami kerusakan. Pengusaha logistik adalah pihak yang ikut merasakan dampak kerusakan infrastruktur jalan tersebut, padahal distribusi barang dan jasa sangat tergantung pada fasilitas infrastruktur yang lengkap dan memadai," katanya menandaskan.

__._,_.___
Recent Activity:
------------------------------------------------------------------
                       TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.

Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com

**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
               : Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
                          http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages

ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar