Jumat, 17 Agustus 2012

[inti-net] Ustad Komersil Enggan Berceramah

 

Ref: Zaman ini agama adalah komoditi dagang, jadi tentu saja para pendekar pejual suara agama juga mempunyai harga. Makin lincah lidah pembicara makin pula tinggi pula bayaran yang harus dia peroleh.

http://lifestyle.lintas.me/article/hanya-gambar.blogspot.com/ustad-komersil-enggan-berceramah-kalau-bayaran-kurang&utm_source=LATEST&utm_medium=LATEST_3&utm_campaign=LATEST

Wednesday, August 15, 2012
Ustad Komersil Enggan Berceramah Kalau Bayaran Kurang

Suatu waktu pernah dengar penjelasan dari seorang sahabat, kalau dulu seseorang itu disebut ustad atau kiai dengan beberapa persyaratan. Pertama, dia punya pesantren. Kedua, dia punya jamaah khusus dibina. Ketiga, dia memang memiliki pengetahuan mendalam tentang agama. Yang diukur antara lain pengetahuan bahasa Arab.

Ah itu kan dulu, Dengan gencarnya komersialisasi televisi, maka sekarang banyak lahir ustad-ustad tipe baru. Pertama, ustad tipe baru itu tidak perlu menguasai bahasa Arab, tidak perlu paham banget agama. Kedua, bisa menghibur. Ketiga, jamaahnya adalah fans di televisi. Program seperti itu lebih banyak hiburannya ketimbang informasinya, jadi pertimbangannya lebih ke segi komersil.

Akibat dari komersiliasi dakwah di media elektronik itu mengakibatkan kecenderungan sejumlah ustadz tenar yang wara-wiri muncul di TV dengan mematok bayaran mahal tertentu. Wajar kalau orang apalagi mereka yang berkarya berhak meminta hak atas tenaga, karya dan pikiran yang telah mereka keluarkan. Namun jika itu seorang ustadz yang bertugas sebagai pendakwah ?. Jawabannya mungkin bisa beragam.

Dalam sebuah program talk show di Indosiar, dimana saat itu menghadirkan tiga pendakwah yang terdiri dari seorang ustadzah dan dua orang ustadz. Nama mereka tak usah disebutkan, mereka juga cukup intens muncul di TV apalagi di bulan Ramadhan ini.

Seorang dari tiga pendakwah itu berpendapat kalau seorang ustadz harus "camera face" sementara dua yang lain menjawab tidak. Masih ustadz yang sama, dia bersedia dipanggil secara mendadak untuk berceramah

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
Gabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://tionghoanets.blogspot.com/

Tulisan ini direlay di beberapa Blog :
http://jakartametronews.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com
http://indonesiaupdates.blogspot.com

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*

CLICK Here to Claim your Bonus $10 FREE !
http://adv.justbeenpaid.com/?r=kQSQqbUGUh&p=jsstripler5
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar