Senin, 13 Agustus 2012

[inti-net] Warga Malang Diimbau Waspadai Daging Sapi 'Sakit'

 

Warga Malang Diimbau Waspadai Daging Sapi 'Sakit'
http://www.shnews.co/detile-6300-warga-malang-diimbau-waspadai-daging-sapi-sakit.html
Selasa, 14 Agustus 2012 - 08:54:28 WIB

(Foto:dok/antaranews.com)Di pasar ditemukan daging yang mengandung cacing hati.MALANG - Warga Kota Malang, Jawa Timur, diimbau untuk tetap mewaspadai peredaran daging sapi "sakit", karena belum lama ini ditemukan adanya daging yang mengandung cacing hati dijual di pasar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Malang Yudi Broto, Selasa (14/8), mengatakan ketika timnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional, ditemukan adanya daging sapi yang mengandung cacing hati.

"Persentasenya memang sangat kecil sekali jika dibandingkan dengan daging sapi yang beredar di pasaran, namun masyarakat harus tetap waspada dan cermat dalam memilih daging yang dibeli. Paling tidak tahu ciri-ciri daging yang sehat ketika melihat teksturnya," tegasnya.

Namun demikian, lanjutnya, masyarakat tak perlu khawatir dengan ketersediaan daging sapi menjelang Lebaran tahun ini. Stok daging sapi maupun ayam cukup aman, meski harganya ada kenaikan tipis.

Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang , katanya, setiap harinya memotong sekitar 55 hingga 60 ekor sapi dan pada momen Lebaran ini jumlahnya ditambah menjadi 70 ekor dalam.

Mengenai harga daging sapi, katanya, meski ada kenaikan tipis, harganya masih standar, yakni antara Rp70 ribu hingga Rp77 ribu per kilogram. Sedangkan daging ayam seharga Rp26 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram.

Harga daging ayam tersebut, kata Yudi, memang mengalami kenaikan cukup signifikan karena sebelumnya harganya hanya Rp24 ribu per kilogram.

Sementara Direktur RPH Kota Malang Djoko Sudadi mengatakan, daging yang keluar dari RPH dijamin sehat karena setiap jagal (pemotong sapi) sudah bersertifikat, bahkan sebelum dipotong, sapi maupun kambing diperiksa terlebih dahulu.

"Sebelum dipotong, sapi maupun kambing tersebut diperiksa terlebih dahulu hingga beberapa kali guna memastikan sehat tidaknya hewan itu sebelum dikonsumdi masyarakat," tegasnya.

Menyinggung adanya daging sapi yang masih mengandung cacing hati, Djoko khawatir justru sapi tersebut dipotong diluar RPH, sehingga kesehatan hewannya tidak bisa dipantau, bahkan tidak ada jaminan sama sekali. (Ant)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
Gabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://tionghoanets.blogspot.com/

Tulisan ini direlay di beberapa Blog :
http://jakartametronews.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com
http://indonesiaupdates.blogspot.com

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*

CLICK Here to Claim your Bonus $10 FREE !
http://adv.justbeenpaid.com/?r=kQSQqbUGUh&p=jsstripler5
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar