Kamis, 27 Oktober 2011

Re: [M_S] Re: Idul adha sereagam 6 Nov.

 

Maaf link nya salah copy. Seharusnya ini: http://cis-saksono.blogspot.com/2011/10/program-simulasi-hilal.html


Wassalam,
Tono Saksono


2011/10/28 Tono Saksono <tsaksono@gmail.com>
AssWW,

Sesuai janji, berikut saya berikan link untuk mendownload file exe untuk program simulasi hilal yg pernah saya berikan beberapa hari lalu. Insya Allah, karena ini sudah file exe, tidak lagi diperlukan program Macromedia Flash Player. Namun, bila ada problem, tolong beri kami masukan supaya dapat diperbaiki segera. Agar supaya dapat di download oleh publik luas, saya taro di blog saya dengan alamat: 

Tono Saksono


2011/10/26 Agus Purwanto <purwanto_phys@yahoo.com>
 

Terimakasih pak Ton
insya Allah, kami manfaatkan.
 
untuk semua,
maaf, jarang nongol,
masih banyak keliling blusak blusuk majelis ta'lim
7 dan 19 Okt di ITB
22 Okt di UIN Yogja bareng Roy Suryo dan Sri Sultan
langsung nonton Jogja Java Carnival di malam harinya
29 Okt di UI
30 Okt di Unej Jember
 
salam
 
Sent: Tuesday, October 25, 2011 8:30 PM

Subject: Re: [M_S] Re: Idul adha sereagam 6 Nov.

 
Assalamualaykum WW,

Kompor on lagi kan? 

Ternyata, kalau mengikuti mekanisme pasar, ya topik ini yg paling menarik. Ada muatan politis, syar'i, dan sainsnya. Jadi enggak usah dipaksa dipisahkan deh. Mekanisme pasar yg akan menentukan topik apa yg paling menarik didiskusikan di milis ini.

Sementara itu, ada sedikit kemajuan atas hasil penelitian saya. Seorang mahasiswa Surabaya yg sedang menyelesaikan tesis S1 dalam Computer Science di UTHM ini telah menolong saya membuat program simulasi hilal (terlampir). Lihat di "about this program". Unt me-run program ini, yg tertarik harus memiliki Macromedia Flash Player (MFP) terinstal dlm komputernya. Mudah2 an program ini bekerja dg baik. Kalau masih problem, insya Allah kita perbaiki. Yg jelas di dua komputer saya di rumah dan kantor, berjalan OK. Ini belum merupakan file exe, jadi agak sedikit repot. Insya Allah yg versi exe akan saya email minggu depan.

Ada 3 file. Masukkan ketiga file ini dalam satu folder. Salah satunya bekerja jika yg terinstal adl MFP versi web sementara yg lain adl unt MFP yg biasa. File yg berukuran besar (sekitar 1.4MB) yg berisi library, jadi enggak usah digubris. Gambar simulasi terbagi atas tiga bagian. Bagian tengah adalah bagian utama simulasi yg menunjukan posisi terbentuknya fase2 Bulan. Bagian kanan ada dua. Yg atas adl gambaran kenampakan Bulan yg tersinari yg menghadap kita di Bumi. Yg bagian bawah menunjukkan posisi Bulan dan Matahari yg diproyeksikan pada bola langit, sehingga keduanya tampak dalam satu lintasan. Menurut saya, ini persis seperti yg diisyaratkan Allah dalam Ya-Sin 38-40. Jadi kalo Thomas Djamaludin mengatakan interpretasi Ya-Sin seperti yg saya gambarkan salah (maksudnya Ya-Sin 38-40 itu hanya menjelaskan bahwa Matahari dan Bulan itu berada pada lintasan yg berbeda sehingga tidak mungkin ketemu), menurut saya, dia justru malah salah. Karena dalam perhitungan Astronomi Geodesi (gemoteris), untuk memperoleh akurasi yg paling tinggi, perhitungan gerakan Matahari dan Bulan harus diproyeksikan ke bola langit yg tak terhingga. Jadi firman Allah itu benar2 mengakomodasi pengertian astronomi geometris dan astronomi umum. Ini sangat luar biasa menunjukkan kualitas firman dari Yang Maha Agung. Bagian bawah, ada dua juga. Keduanya unt mengontrol mode simulasi (otomatis atau manual) dan kecepatan simulasi (menit, jam, hari jika simulasinya manual).

Silahkan dimulai simulasi pada kedudukan Matahari telah tenggelam (disk bagian atas telah menyentuh horizon), sedangkan bagian disk bawah Bulan yg baru menyentuh horizon. Gerakkan (drag) orang dan Bulan di kotak utama, dg melihat posisi Bulan dan Matahari di kotak kanan bawah unt mengontrol ini secara manual. Dalam kedudukan sept ini, ketinggian hilal adl sekitar 0.5 derajat saja, jauh di bawah 2 derajat syarat imkan-rukyat. Sementara itu, di kotak sebelah kanan atas, tampak hilal yg sangat tipis. Definisikanlah ini adalah posisi maghrib di Jakarta yg mengawali bulan Qomariyah.

Kemudian gerakkan secara manual dg tombol perubahan jam di kotak bawah (kanan). Setelah 9-10 jam (menjelang subuh di jakarta), hilal akan tampak semakin besar. Memang di jakarta, hilal yg sudah membesar ini tidak akan tampak karena kita berada berseberangan pada bola langit yg berbeda dg Bulan. Tapi kalau kita di Santiago (Chile) yg saat itu telah maghrib, hilal akan berada pd ketinggian 3 derajat (kira2, jika kita mereferensi pd Iedul Fitri lalu). Apakah hilal yg tampak di Santiago ini berbeda dg yg di Jakarta? Ya jelas sama, cuma kita enggak bisa melihatnya di Jakarta. Berapa ketinggian hilal saat itu terhadap horizon Jakarta? sekitar 200 derajat dari horizon barat Jakarta! Lanjutkan gerakan manual per jam sehingga pada posisi jam 9 pagi. Pada saat itu seharusnya di Jakartapun kita dapat melihat hilal yg semakin besar lagi. Tapi ya enggak kelihatan wong Matahari bersinar terang benderang. Bagaimana agar dapat melihat hilal? Pergilah ke San Diego (California) yg saat itu maghrib. Tinggi hilal juga sudah sekitar 4-5 derajat, dan hilal itu jugalah sebetulnya yg ada di wilayah udara Jakarta meskipun masih di bagian timurnya. Ketinggian hilal pada saat itu adalah sekitar 150 serajat dari horizon barat Jakarta.

Jadi konsep imkan-rukyat tentang tinggi hilal minimum itu, enggak masuk akal sama sekali. Secara syar'i maupun saintifik. Persyaratan untuk merukyat hilal pun menurut saya sesuai dg hadis Rasul, ya unt kaum yg tak bisa menghitung. Kalau unt yg bisa menghitung, ya rukyatlah di Santiago atau San Diego, kemudian umat di Jakarta diperintahkan untuk membatalkan saum pada hari itu, karena haram hukumnya. Hilal sudah membesar saat pagi tg 2 qomariyah itu, meskipun enggak kelihatan!

Memang simulasi di atas tidak menggunakan hitungan yg robust krn tujuannya hanya menunjukkan secara grafis posisi Bulan, Matahari, dan kenampakan hilal. Kami sedang mendevelop software lain yg sangat robust dg basis Stellarium (opensource), dan insya Allah akan kami bagikan gratis juga bersamaan terbitnya buku saya (bonus) berjudul sementara "Pseudo Shariah Economy and Muslims' Civilization Debt". Insya Allah, 9-10 bulan yad. Software yg ke dua nanti akan memiliki kualitas grafis yg jauh lebih baik (karena basisnya Stellarium), dan hitungan yg sanagat robust. Insya Allah, perhitungan al-ayymi al-biydh akan kami tampilkan di sana unt memverifikasi konsep "wujudul hilal" yg memenuhi kriteria syar'i dan saintifik sekaligus.

Semoga Allah memberikan kekuatan dan panjang umur pada saya untuk menyelesaikan tugas ini. Saya juga berterima kasih pada rakyat Malaysia yg telah membiayai proyek riset ini melalui uang pajak mereka. Semoga Allah melimpahkan pahala unt mereka. Sebetulnya, dua modul astronomi ini tidak masuk dalam kontrak riset saya. Namun, krn alhamdulillah saya telah merampungkan riset saya lebih cepat dari rencana, energi dan biaya saya gunakan unt modul2 yg sebetulnya hanya penunjang bagi riset ini, termasuk menulis buku.

Semoga bermanfaat, dan dimohon masukannya unt perbaikan selanjutnya.

Untuk Pak Agus Purwanto, silahkan gunakan program ini sbg pelengkap pelatihan ahli hisab MD Pak. Supaya lahir terus tunas2 muda ahli hisab di Indonesia.

Wassalamualaykum WW,
Tono Saksono


2011/10/25 nugon19 <nugon19@yahoo.com>
 
Mas Rachmat, diposting ulang lagi , jadi thread baru.
soalnya di view web reading, topik FB Pak Thomas ini masih di bawah topik Khadafi.

utk mengalah, itu lain perkara...dan masih bisa diterima secara kajian fiqih.
tapi utk berbohong dan memanipulasi statement Muhammadiyah, ini perkara besar, dan tdk bisa diterima dalam kajian fiqih.
berat pertanggungjawabannya di hadapan Allah, dan Prov. Thomas ini belum meralat atau mengkoreksi ya sepertinya?!
wah, bisa dituntut rame-rame kelak di hari Kiamat, karena tdk jujur dan tdk amanah.

Wassalam,




Nugon


--- In Muhammadiyah_Society@yahoogroups.com, Rachmat Adhi Wibowo <rachmat.a.wibowo@...> wrote:
>
> Assalamu 'alaikum
>
> Ada yang menarik dari status FB Pak Thomas, kebetulan liat saja....
>
> "Posisi bulan yang cukup tinggi sekitar 6 derajat memungkinkan Idul Adha
> nanti akan seragam, jatuh pada 6 November 2011. Kepastiannya akan
> diputuskan pada sidang itsbat Jumat siang pukul 14.00. *Bagaimana kalau
> bulan tidak terlihat saat maghrib Kamis? Saya akan usulkan untuk diambil
> keputusan atas dasar rukyat jangka panjang yang sudah dirumuskan dalam
> kriteria imkan rukyat.* Inilah hakikatnya "mengalah demi ummat". Para
> pengamal hisab wujudul hilal harus mengalah untuk menggunakan kriteria
> imkan rukyat pada saat bulan terlalu rendah yang tidak mungkin tampak.
> Para pengamal rukyat juga harus mengalah untuk menggunakan kriteria
> imkan rukyat pada saat bulan cukup tinggi namun tak terlihat karena
> berbagai sebab."
>
> Sbnrnya dari pandangan syar'i bgmn?
> Jika imkanur rukyat ini meyakini soal visibilitas hilal, jika kejadian
> spt skenario di atas terjadi misal krn terhalang awan, apakah musti di
> istikmal-kan? Tapi agaknya skenario di atas agak sulit terjadi krn konon
> titik pengamatan ada di 99 titik (?) CMIIW.
>
> Berita terkait
> http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/10/25/ltm4ht-boscha-kemungkinan-besar-idul-adha-dirayakan-serentak
>
>
> Salam
> ADHI
>



--
htt://cis-saksono.blogspot.com





--
htt://cis-saksono.blogspot.com



--
htt://cis-saksono.blogspot.com

__._,_.___
Recent Activity:
----------------------------------------------------------------------
"Muhammadiyah ini lain dengan Muhammadiyah yang akan datang. Maka teruslah
kamu bersekolah, menuntut ilmu pengetahuan dimana saja. Jadilah guru kembali
pada Muhammadiyah. Jadilah dokter, kembali kepada Muhammadiyah. Jadilah
Meester, insinyur dan lain-lain, dan kembalilah kepada Muhammadiyah"
(K.H. Ahmad Dahlan).

----------------------------------------------------------------------
Salurkan ZAKAT, INFAQ dan SHODAQOH anda melalui LAZIS
MUHAMMADIYAH

No. Rekening atas nama LAZIS Muhammadiyah
1. Bank BCA Central Cikini
    (zakat) 8780040077 - (infaq) 8780040051
2. BNI Syariah Cab. Jakarta Selatan
    (zakat) 00.91539400 -   (infaq) 00.91539411
3. Bank Syariah Mandiri (BSM) Cab. Thamrin
    ( Zakat) 009.0033333 -  (Infaq) 009.00666666
4. Bank Niaga Syariah
    (zakat) 520.01.00186.00.0 - (infaq) 520.01.00187.00.6
5. Bank Muamalat Indonesia Arthaloka
    (Zakat) 301.0054715
6. Bank Persyarikatan Pusat
   (zakat) 3001111110 -  (infaq) 3001112210
7. Bank Syariah Platinum Thamrin
    (zakat) 2.700.002888 -  (infaq) 2.700.002929
8. BRI cab. Cut Meutia
    (zakat) 0230-01.001403.30-9 -    (infaq) 0230-01.001404.30-5

Bantuan Kemanusiaan dan Bencana:
BNI Syariah no.rekening: 00.91539444

DONASI MELALUI SMS
a. Jadikan jum'at sebagai momentum kepedulian,
salurkan donasi anda, ketik: LM(spasi)JUMATPEDULI kirim ke 7505

b. Bantuan kemanusiaan  ketik: LM(spasi)ACK kirim ke 7505

Nilai donasi Rp. 5000, semua operator,belum termasuk PPN

email: lazis@muhammadiyah.or.id
website : www.lazismu.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar