Rabu, 26 Oktober 2011

[buruh-migran] Empat TKI Asal Sukabumi Meninggal

 

Empat TKI Asal Sukabumi Meninggal

Rabu, 26 Oktober 2011 - 18:34 WIB
| More
SUKABUMI (Pos Kota) – Kasus meninggalnya tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sukabumi tewas di luar negeri cukup tinggi. Selama dua bulan terakhir ini, dilaporkan ada empat TKI yang meninggal.
Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, keempat TKI itu antara lain Duduh, 39, asal warga Kampung Selajambe RT 11 RW 04 Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, meninggal di Arab Saudi. Kemudian, Tini Binti Hari, 24, warga Kampung Babakan Genteng RT 04 RW 06, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan di Malaysia.
Ketiga, Aisyah warga Kecamatan Purabaya yang bekerja di Arab Saudi. Terakhir, Mila Binti Roing, warga kampung Pasir Panjang RT 01/01, Kecamatan Ciracap, yang tewas di Arab Saudi.
Namun, dari keempat TKI ini baru dua orang yang jenazahnya berhasil dipulangkan yakni Tini dan Aisyah. Meninggalnya TKI ini dilaporkan lantaran karena penyakit. Kecuali untuk kematian TKI Duduh. Pasalnya, Duduh diketemukan tewas di Arab Saudi dengan penuh luka.
"Dari empat TKI yang meninggal, baru Tini dan Aisyah yang jasadnya sudah berhasil dipulangkan," kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim kepada Pos Kota, Rabu (26/10).
Untuk jenazah Duduh dan Mila, lanjut Ammar, masih menunggu kepastian waktu pemulangan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi. Pasalnya, setiap kali proses pemulangan jasad TKI acapkali terkendala dengan manipulasi data TKI dan ketidakjelasan perusahaan yang memberangkatkannya.
"Makanya kami meminta kepada warga yang hendak menjadi TKI agar menempuh mekanisme yang legal. Agar begitu timbul masalah, kita gampang menanganinya," tandasnya. (sule/b)
Bookmark and Share

__._,_.___
Recent Activity:
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar