Selasa, 07 Agustus 2012

[inti-net] Foke: Warga Keturunan Mudah Peroleh Kartu Identitas - ''Rayuan'' Fauzi ke Komunitas Tionghoa Tak Efektif

 

Foke: Warga Keturunan Mudah Peroleh Kartu Identitas
http://www.suarapembaruan.com/metropolitan/foke-warga-keturunan-mudah-peroleh-kartu-identitas/23196

Selasa, 7 Agustus 2012

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foto: Google)[JAKARTA] Saat ini, tidak ada lagi hambatan bagi warga keturunan Tionghoa di DKI Jakarta untuk memperoleh kartu identitas maupun mendapatkan kartu jaminan kesehatan daerah. Hal tersebut sejalan dengan komitmen Pemerintah DKI Jakarta untuk melayani seluruh warga Jakarta, termasuk keturunan Tionghoa.

"Kartu identitas maupun kartu jaminan kesehatan daerah yang jelas saat ini bisa diperoleh dengan mudah," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, seusai peletakan batu pertama Museum Hakka Indonesia dan Pagoda di Taman Budaya Tionghoa kompleks Taman Mini Indonesia Indah.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, pemerintah Jakarta juga terus memberikan pelayanan publik bagi semua warga Jakarta tanpa memandang suku dan golongan. Karena itu, pengurusan kartu identitas bagi warga keturunan Tionghoa dapat dilakukan di seluruh kelurahan.

Bahkan, Fauzi melanjutkan, warga keturunan Tionghoa juga mendapat kartu jaminan kesehatan daerah untuk keluarga miskin. "Keragaman adalah salah satu unsur pemersatu bangsa," katanya.

Menurutnya, warga Tionghoa memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan kota Jakarta. "Warga Tionghoa sudah menjadi bagian integral bangsa Indonesia yang kemudian memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan bangsa dan negara, terutama di wilayah ibu kota Jakarta," kata Fauzi.

Suku Hakka, lanjut Fauzi, yang merupakan salah satu bagian dari etnis Tionghoa, kini persentasenya sudah mencapai 40 persen di Jakarta. "Kontribusi mereka (Suku Hakka) sangat tinggi dalam bidang kemasyarakatan dan ekonomi. Mereka selalu menunjukkan tekadnya untuk menjadi bagian dari integral kota Jakarta," kata Fauzi.

Fauzi mengungkapkan keberadaan suku Hakka di berbagai penjuru Ibu kota turut memberikan kontribusi dalam pembangunan Jakarta. "Kalau kita lihat di pusat-pusat perbelanjaan, pasti banyak ditemui masyarakat Suku Hakka. Inilah yang membantu perekonomian Jakarta terus tumbuh dan berkembang. Kontribusi mereka tidak bisa dibilang kecil," ujar Fauzi.

Menurut Fauzi, suku Hakka terkenal sebagai pekerja keras, ulet dan selalu berusaha berintegrasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain membantu menumbuhkan perekonomian, Fauzi menambahkan, Suku Hakka juga turut andil dalam membantu pemerataan pendapatan di wilayah ibu kota. [Ant/W-11]

Selasa, 07 Agustus 2012 | 12:15 WIB
''Rayuan'' Fauzi ke Komunitas Tionghoa Tak Efektif


TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi menyebutkan upaya calon gubernur incumbent Fauzi Bowo untuk mendekati etnis Tionghoa tak akan berpengaruh banyak. Menurut dia, suara etnis tersebut tak akan mudah berpindah untuk mendukung Fauzi.

"Saya tidak yakin ini mampu mengurangi dukungan pada Ahok dan pindah ke Fauzi," katanya saat dihubungi, Senin, 6 Agustus 2012.

Burhanudin mengatakan suara etnis Tionghoa sudah solid untuk mendukung Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama. Berdasar exit poll yang dilakukan lembaganya pada 11 Juli kemarin, hampir 100 persen pemilih Tionghoa memberikan suaranya pada pasangan nomor 3 tersebut. Menurut dia, hal ini bisa terjadi karena Basuki atau Ahok berasal dari etnis itu. "Karena faktor Ahok sehingga jadi solid," ujarnya.

Pada Senin, 6 Agustus 2012, Fauzi Bowo menghadiri acara peletakan batu pertama Museum Hakka Indonesia dan Pagoda Taman Budaya Tionghoa. Dalam acara tersebut, Fauzi tampak berusaha mendekatkan diri dengan warga Tionghoa Ibu Kota.

Menurut Burhanudin, upaya ini jelas untuk menarik simpati demi kemenangan di pemilihan gubernur putaran kedua nanti. Namun demikian, strategi tersebut belum tentu ampuh. "Saya tidak yakin," katanya.

NUR ALFIYAH

__._,_.___
Recent Activity:
Gabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://tionghoanets.blogspot.com/

Tulisan ini direlay di beberapa Blog :
http://jakartametronews.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com
http://indonesiaupdates.blogspot.com

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*

CLICK Here to Claim your Bonus $10 FREE !
http://adv.justbeenpaid.com/?r=kQSQqbUGUh&p=jsstripler5
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar