Rabu, 12 September 2012

[inti-net] Dita: Keliru, Banyak TKI Asuransi Rugi

 

Dita: Keliru, Banyak TKI Asuransi Rugi
http://www.gatra.com/ekonomi/46-ekonomi/17607-dita-keliru-banyak-tki-asuransi-rugi-

Jakarta - Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dita Indah Sari, mengatakan, keliru besar jika menganggap kerugian yang dialami Konsorsium Asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akibat banyaknya jumlah resiko TKI yang dicover atau ditanggung, yakni berjumlah 13 macam sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No 01 tahun 2012.

Dita mengatakan hal tersebut, di Jakarta, Rabu (12/9), menanggapi pernyataan Kepala Biro Perasuransian Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Panja Asuransi Komisi IX DPR RI, Senin (11/9).

Isa menyatakan, perusahaan asuransi TKI tidak akan sanggup menanggung semua kejadian yang menimpa TKI. Menurutnya, ada kasus yang bisa ditanggung asuransi dan pihak lain, dalam hal ini pemerintah.

Menurut Dita, asuransi TKI, jangan semata-mata dinilai sebagai entitas bisnis dengan pertimbangan kemersial murni, meski benar perusahaan atau corporate asuransi harus untung. Namun, perlindungan harus tetap dikedepankan.

Dituturkan Dita, saat Konsorsium Asuransi TKI itu ditunjuk bulan Juli 2010 lalu, coverage terhadap 13 resiko ini, sudah dicantumkan dalam Permenaker No 07 tahun 2010.

"Artinya, pihak Konsorsium sudah memahami apa saja kewajiban mereka terhadap TKI. Mereka semestinya sudah menghitung nilai keuntungan ataupun resiko bisnis yang bakal dihadapi," tandas Dita.

Pada zaman Menaker Erman Suparno, pasar asuransi TKI sangat heboh. Ada 9 konsorsium yang ditunjuk dan beroperasi untuk coverage resiko yang kurang lebih sama. Artinya, animo dan semangat dari perusahaan asuransi dan para pialang untuk terjun ke bidang ini sangat tinggi.

"Jika mengurusi TKI ini dianggap merugikan dan momok bagi bisnis asuransi seperti yang disampaikan Pak Isa, tak mungkin ada gairah persaingan sebesar itu," dalihnya. [IS]

__._,_.___
Recent Activity:
Gabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://tionghoanets.blogspot.com/

Tulisan ini direlay di beberapa Blog :
http://jakartametronews.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com
http://indonesiaupdates.blogspot.com

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*

CLICK Here to Claim your Bonus $10 FREE !
http://profitclicking.com/?r=kQSQqbUGUh
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar