Rabu, 05 Oktober 2011

[PERS-Indonesia] Skandal Korupsi Persebaya Rp 15 M, KPK Didesak Segera Periksa Saleh Mukadar-Bamb

 

Skandal Korupsi Persebaya Rp 15 M, KPK Didesak Segera Periksa Saleh Mukadar-Bambang Dh

SURABAYA, (BM) – Pertarungan elit politik Surabaya makin memanas. Hal ini ditandai dengan diungkitnya kembali kasus dugaan korupsi di kepengurusan Persebaya saat rezim Ketua Umum Bambang Dh tahun 2005 senilai Rp 15 miliar. Tiga elit pejabat dan politisi Surabaya menjadi sasaran tembak hukum dalam kasus ini. Kuat dugaan, situasi ini sengaja dimanfaatkan rival politik mereka dalam perebutan kursi kekuasaan Persebaya. Apalagi, menjelang bergulirnya Liga Indonesia musim 2011-2012.

Ketiga tokoh elit Surabaya yang terancam berhadapan dengan hukum yakni mantan Ketua Umum Pesebaya Bambang Dh yang saat itu juga menjabat Walikota Surabaya, Manajer Persebaya Saleh Mukadar, dan mantan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Surabaya, Wiwik Indrasih.

Ketiganya diduga memiliki peran penting dalam kasus ini. Bambang Dh sebagai Walikota sekaligus Ketua Umum Persebaya saat itu dilaporkan menjadi aktor utama. Politisi PDIP itu disebut berperan melegalkan pengucuran dana dari Dinas Pemuda dan Olahraga Rp 15 miliar untuk dibagikan ke masing-masing cabang olahraga.

Tetapi dalam kenyataannya, uang yang seharusnya dialirkan melalui KONI itu justru disimpan di Dinas Sosial Surabaya yang dikepalai Wiwik. Sebelum akhirnya didistribusikan ke pengurus Persebaya. Padahal harusnya uang dari APBD sebesar itu dialokasikan untuk semua cabang olahraga di bawah naungan Dispora dan KONI Surabaya.

Kejanggalan ini yang kemudian memunculkan aroma korupsi. Secara khusus, LSM Gerakan Rakyat Anti Perjudian Monopoli Kemaksiatan Korupsi Kekerasan dan Kenakalan (Graji Massal) yang terus mengawal penuntasan kasus ini meyakini bahwa Bambang Dh merupakan aktor utama dalam kasus ini.

"Ini memang kasus besar. Jika sampai terungkap, salah satu pimpinan Kota Surabaya bakal terseret ke pengadilan," papar Ketua Dewan Penasehat LSM Graji Massal I Wayan Titip. Bisa ditebak, pimpinan yang dimaksud Wayan adalah Bambang Dh sendiri.

Selain itu, tindak korupsi ini disinyalir juga sudah dirancang demikian rupa. Sebab, tidak ada pertangungjawaban jelas terkait laporan keuangan Persebaya. Sebab, Bambang Dh seabgai Ketua Umum melaporkan pertanggungjawabannya terhadap dirinya sendiri sebagai walikota. "Wong jabatan penting itu dirangkap satu orang, ibaratnya hanya perpindahan keuangan negara dari saku kiri ke saku kanan saja, tidak ada pertanggungjawaban yang benar," ungkap pakar hukum pidana Unair ini.

Tokoh penting lain yakni peran Saleh Mukadar. Dalam kapasitasnya sebagai Manajer Persebaya saat itu, Saleh disebut mengolah dana haram itu. Tak menutup kemungkinan, Graji Massal menduga bahwa Salhe juga yang mengatur pembagian `jatah' uang haram itu ke beberapa pengurus teras. Termasuk mantan Ketua Harian Persebaya Alm H Santo. "Semuanya sudah diatur, ada niat dari mereka untuk menikmati anggaran yang mencapai miliaran rupiah itu," tutur Wayan.

Lalu bagaimana dengan Wiwik? Pejabat yang ditugasi menyimpan sementara uang haram itu –sebelum didistribusikan ke Persebaya- langsung dipensiunkan usai lengser dari jabatannya pada saat kasus ini dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Graji Massal pada tahun 2007.

Graji Massal menyebut, dinas yang dipimpin Wiwik sebagai kotak deposit sementara dana Rp 15 miliar itu. Bisa jadi, hal ini sebagai salah satu modus untuk memuluskan tindak korupsi tersebut.

"Jelas jelas gak ada hubunganya antara olahraga dengan Dinsos, anehnya hal itu kok bisa terjadi ini jelas ada permainan, sama halnya dengan dana pendidikan yang disalurkan melalui dinas Kebudayaan itu kan aneh," tandas Ketua Graji Massal Ponang Adji Handoko.

Rep. bambang utomo
Red. Ari Widura
http://kabarmetro.com/read/73/07/09/...ambang-dh.html

__._,_.___
Recent Activity:
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Milis Pers Indonesia
Powered by : http://www.GagasMedia.com
GagasMedia.Com Komunitas Penulis Indonesia
Publish Tulisan Anda Disini !

Khusus Iklan Jual-Beli HP/PDA
Ratusan Game/Software HP Gratis
http://www.mallponsel.com

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar