Kamis, 20 Oktober 2011

Re: [M_S] Re: SELAMAT UNTUK BANG PATRIALIS AKBAR dan Peringatan bagi PKS.

 

Salam

Makasih mas Johan. Yang begini setidaknya yang sedikit memberi jawaban dari pertanyaan saya. Saya punya teman, dulu simpati benar sama PKS. Dapat istri juga orang PKS. Ketika beda idul fitri, dia pun saya tanya, ikut Muhammadiyah atau PKS. Jawabannya; "kalau soal begituan saya ngertilah harus ikut yang mana". Menerjemahkan jawaban itu, saya menyimpulkan bahwa dia hanya ikut PKS dalam soal pilihan politik, bukan soal-soal keagamaan. Mungkin karena sejak kecil dibesarkan di lingkungan yang serba Muhammadiyah. Ada lagi kenalan saya, ketika saya tanya soal polah tingkah petinggi PKS yang gak karu-karuan itu, ia bilang; "di PKS saya gak ngikut yang gitu-gitu, saya cuma ngaji". Ada lagi yang ketika ditanya hanya senyum cengengesan gak menjawab. So, saya memahami, ada orang PKS yang sekedar ikut pilihan politiknya, ada yang hanya ambil bagian "tarbiyahnya", ada pula yang ambil dua-duanya hingga fanatik banget.
Ada yang menarik di Yogya. Ketika musim kampanye, PKS ini terkenal dengan banyaknya bendera. Di beberapa posko bencana (waktu gempa besar dan puting beliung) bahkan banyak sekali bendera PKS, sementara di poskonya tidak ada orang. He-he, maaf nyindir. Ketika malam-malam mereka pasang bendera, menurut kesaksian teman, ada hal yang menggelitik. Setiap kali terkibar satu bendera, mereka kompak memekikkan: "Allahu Akbar". Wah, kayak apa aja.
Bagi saya, kita-kita yang warga Muhammadiyah mestinya kan dapat memberi pengaruh positif di mana pun kita berada. Bukan malah mengekor yang berujung pada taqlid, bukan juga sekedar membiarkan yang penting saya tidak ikut-ikut. Saya pernah dapat info, bahwa Pak AR pernah berpesan; "jadi orang Muhammadiyah itu jadilah seperti garam", tidak ketahuan bentuknya, tetapi sangat tajam rasanya. Kurang sedikit sayur tidak enak, kebanyakan juga tidak enak. Kayak wujudul hilal juga itu lho. Tidak lihat bentuk bulan/hilalnya, tetapi yakin akan wujud/adanya. He-he.

Salam
Amir


From: Johan Romadhon <jromadhan@gmail.com>
To: Muhammadiyah_Society@yahoogroups.com
Sent: Thursday, October 20, 2011 5:09 PM
Subject: [M_S] Re: SELAMAT UNTUK BANG PATRIALIS AKBAR dan Peringatan bagi PKS.

 
Cak Noval dan cak Widya,
Ayo kasih kesaksian buat saya dong.
Saya aktif jadi anggota PKS. Jabatan tertinggi Cuma jadi pak Camatnya PKS dan di bawahnya lagi jadi Lurahnya.
Tapi saya gak pernah lho mentake-over amal usaha Muhammadiyyah.
Saya juga gak pernah lho ya grusa-grusu mendakwahi orang-orang Muhammadiyyah. Kecuali kalau diminta untuk jadi badal Khatib "tembakan" untuk shalat Jumat dihitung sebagai grusa-grusu model ini. Alhamdulillaah satu-satunya objek dakwah Muhammadiyah saya ya Bapak Ibu saya (yang pindah milih dari PBB jadi PKS) dan adik-adik kandung saya. Itupun mereka gak ikut-ikutan ngaji di PKS.
Gak enak, gak ada yang belain PKS saat disindir sama ustadz Amir di milis.
Ampun ustadz… kalau saya gak bisa mempengaruhi keputusan-keputusan PKS. Lha saya Cuma anggota je. Kalau hari Raya, baru idul Fithri tahun ini saya "balik" maning ke Hisab Wujudul Hilal. Sebelumnya sih pendapat Fiqih saya lebih ke "Persis" yang imkanur rukyah, bukan ikutan PKS lho ya. Wong untuk ini juga dibebaskan kok..
Ampun ustadz kalau saya masih ikut tahlilan. Lha tetangga saya Betawi tulen mayoritasnya. Yang Muhammadiyah itu dianggap sama dengan Wahhabi dan tidak termasuk golongan Ahlus Sunnah wal Jamaah dengan nada meremehkan. Apa saya harus ngelawan ustadz? Dengan ikut tahlil begini saya masih sekali-sekali diminta jadi imam Rawatib. Paling tidak di rapat RT pendapat saya juga masih didengar.
Kalau ustadz Amir nanya kenapa saya begini, bukan ustadz PKS yang mempengaruhi saya dalam memilih pendapat fiqh. Saya lebih memilih gayanya ustadz Juraid Surabaya, saat saya menghadapi perbedaan pendapat dengan pendapat jamaah, baik Muhammadiyyah maupun PKS. Mungkin juga ustadz Husin MS Palembang yang ikut mempengaruhi pendapat Fiqh saya kalau ada perbedaan pendapat di Fiqh. Karena saya juga pernah ngaji ke beliau. Di samping memang saya kuliah Ushul Fiqh sama Ustadz Salim Segaf Al-jufri (yang ini PKS, ustadz). Kalau saya berbeda sama PKS atau Muhammadiyah, ya itu hasil ngaji dan baca-baca saya atas dalil. Meskipun saya juga Cuma mampu baca buku-buku terjemah. Mungkin juga majalah Al-Muslimuun-nya Persis Bangil (entah masih ada atau tidak sekarang ini) pernah jadi bacaan wajib saya sehingga saya punya pendapat berbeda dengan yang lain.
Kalau sikap politik, saya gak merasa dikekang kok. Saya bisa sampaikan pendapat politik ini ke teman-teman saya yang sekarang jadi petinggi di PKS. Mereka dengarkan syukur, gak mereka terima pendapat saya, masa saya harus maksain diri. Apa kalau ke Parpol lain saya akan lebih baik? Ada jaminankah ustadz.
Wis ah…. Malah dadi serius temenan.
Fastabiqul Khayraat,
Johan Romadhon


__._,_.___
Recent Activity:
----------------------------------------------------------------------
"Muhammadiyah ini lain dengan Muhammadiyah yang akan datang. Maka teruslah
kamu bersekolah, menuntut ilmu pengetahuan dimana saja. Jadilah guru kembali
pada Muhammadiyah. Jadilah dokter, kembali kepada Muhammadiyah. Jadilah
Meester, insinyur dan lain-lain, dan kembalilah kepada Muhammadiyah"
(K.H. Ahmad Dahlan).

----------------------------------------------------------------------
Salurkan ZAKAT, INFAQ dan SHODAQOH anda melalui LAZIS
MUHAMMADIYAH

No. Rekening atas nama LAZIS Muhammadiyah
1. Bank BCA Central Cikini
    (zakat) 8780040077 - (infaq) 8780040051
2. BNI Syariah Cab. Jakarta Selatan
    (zakat) 00.91539400 -   (infaq) 00.91539411
3. Bank Syariah Mandiri (BSM) Cab. Thamrin
    ( Zakat) 009.0033333 -  (Infaq) 009.00666666
4. Bank Niaga Syariah
    (zakat) 520.01.00186.00.0 - (infaq) 520.01.00187.00.6
5. Bank Muamalat Indonesia Arthaloka
    (Zakat) 301.0054715
6. Bank Persyarikatan Pusat
   (zakat) 3001111110 -  (infaq) 3001112210
7. Bank Syariah Platinum Thamrin
    (zakat) 2.700.002888 -  (infaq) 2.700.002929
8. BRI cab. Cut Meutia
    (zakat) 0230-01.001403.30-9 -    (infaq) 0230-01.001404.30-5

Bantuan Kemanusiaan dan Bencana:
BNI Syariah no.rekening: 00.91539444

DONASI MELALUI SMS
a. Jadikan jum'at sebagai momentum kepedulian,
salurkan donasi anda, ketik: LM(spasi)JUMATPEDULI kirim ke 7505

b. Bantuan kemanusiaan  ketik: LM(spasi)ACK kirim ke 7505

Nilai donasi Rp. 5000, semua operator,belum termasuk PPN

email: lazis@muhammadiyah.or.id
website : www.lazismu.org
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar