Minggu, 09 September 2012

[forumpembaca-kompas] MENGAPA YESUS BERSERU-SERU?

 

MENGAPA YESUS BERSERU-SERU?

 

 

JAWABAN SAYA:

 

Sebuah pertanyaan yang bagus sekali; Jika YESUS rela disalibkan, mengapa ketika disalibkan berseru-seru: "Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

 

1. RELA

 

     Seperti apakah rela itu?

 

     Saya mempunyai uang 1 milyar, saya memberi pengemis Rp. 1.000,- Apakah yang demikian itu

     termasuk rela? Makanan dalam piring saya tersisa, lalu saya berikan ke anjing saya, apakah yang

     demikian itu termasuk rela? Saya adalah pemboros. Saya biasa mentraktir makan-makan teman-

     teman saya tanpa perhitungan, sebab sifat saya memang pemboros. Apakah yang demikian itu

     termasuk rela?

 

     Bandingkan dengan ini:

 

     Saya berpakaian necis hendak berangkat kerja. Di tengah jalan ada kecelakaan, ada orang

     bersimbah darah yang membutuhkan pertolongan saya. Sesaat saya bingung; pingin menolong

     tapi saya sayang dengan pakaian saya yang necis. Tapi orang itu sangat membutuhkan

     pertolongan saya. Maka "terpaksa" saya relakan pakaian saya menjadi kotor demi menolong

     orang itu.

 

     Saya adalah orang yang pelit. Tapi manakala ada orang yang membutuhkan pertolongan, dan itu

     logis untuk saya tolong, maka "terpaksalah" saya tolong orang itu. Kalau nggak logis saya nggak

     mau gampangan mengeluarkan uang untuk tolong-tolongan yang nggak ada gunanya. Kalau logis,

     saya tak perhitungkan jumlahnya. Biar besarpun saya tolong.

 

     Saya adalah direktur di sebuah perusahaan. Gaji saya besar dan pakaian saya selalu necis. Karena

     itu mana mau saya kalau disuruh menjeburi sungai yang kotor dan bau. Nggak mungkin itu. Biar

     dibayar berapapun saya takkan mau. Tapi ketika anak saya tercebur di sungai itu, apa boleh buat,

     "terpaksalah" saya ceburi sungai yang kotor dan bau itu.

 

     Jadi, manakah yang termasuk kerelaan itu? Yang "enteng-entengan" atau justru yang "terpaksa?"

 

 

2. TIDAK RELA.

 

     Seperti apakah tidak rela itu?

 

     Kalau uang saya dirampok. Jelas nggak mungkin saya rela itu. Kalau perempuan diperkosa. Jelas

     nggak mungkin rela itu.

 

 

3. MENGAPA YESUS BERSERU-SERU?

 

     Saya sudah katakan bahwa YESUS bukan TUHAN, melainkan Manusia biasa. DIA Manusia biasa

     yang normal, bukan yang tidak normal atau idiot. Jika tidak makan lapar, itu tandanya jika dicubit

     juga merasa sakit.

 

     Jika kita berpikir, YESUS juga berpikir. Jika menurut kita 1 + 1 = 2, menurut perhitungan YESUS juga

     2. Jika kita takut mati, YESUS juga takut mati. Kalau kita takut mati, sedangkan YESUS tidak takut

     mati, itu tandanya YESUS tidak normal.

 

     Perhitungan YESUS untuk mau menjadi Manusia, mati dan disalibkan adalah karena DIA bisa

     kembali hidup, kembali pada kemuliaanNYA yang semula. Jika tidak kembali hidup dan tidak

     kembali mulia, saya yakin YESUS pasti nggak mau menjadi JURUSELAMAT. ALLAH, sekalipun kasih

     juga nggak konyol. Kalau "memberi" mau, tapi kalau "menukarkan" jelas nggak mau. Memberi

     sebagian dari hidupNYA, mau. Tapi apakah mau kalau disuruh menukarkan hidupNYA?

 

     Ketika semakin dekat dengan hari penyalibanNYA, YESUS stress berat. Terjadi peperangan dalam

     pikiranNYA. Pikiran ManusiaNYA  ingin menghindarkan diri dari salib. Tapi pikiran rohaniNYA, ingin

     menuruti kehendak ALLAH;

 

     >> Matius  26:38         lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati

                                           rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku."

                          26:39           Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau

                                            sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah

                                            seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

 

      Lihatlah, bukankah ada 2 kehendak dalam DiriNYA? Kehendak PribadiNYA dan kehendak

      BAPANYA? Ini menjelaskan bahwa YESUS adalah satu Jiwa yang mandiri, bukan robot.

 

      >> Lukas 22:44            Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya

                                           menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

 

      Lihatlah, saking beratNYA yang DIA pergumulkan sampai pembuluh darahNYA pecah, sehingga

      mengalirkan darah dari pori-poriNYA. Ini menyatakan bahwa DIA memang suci. Berbeda dengan

      kalau kita yang menghadapi kematian. Kita seumur-umur belum pernah menikmati kemuliaan

      sebagai ANAK ALLAH di sorga. Malah bisa jadi setumpuk kesusahan dan penderitaan yang kita

      alami dalam hidup di dunia ini. Belum lagi dengan kesadaran bahwa kita memang banyak

      dosanya. Karena itu wajarlah kalau kita lebih berani mati dari pada YESUS.

 

      >> Yohanes  17:5        Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan

                                            kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

 

      Dalam doa terakhirNYA, YESUS teringat akan kemuliaan yang pernah IA miliki di sorga. Inilah yang

      membuat DIA sangat ketakutan. Pikiran ManusiaNYA mempertanyakan: "Bagaimana seandainya

      DIA mati dan tidak bangkit kembali?" Ini pertanyaan yang sangat wajar sebagai Manusia. Pikiran

      positif dan pikiran negatif harus ada sebagai bahan untuk pertimbangan.

 

      Di atas salib, dalam kondisi fisik terluka dan lemah, DIA sudah tak mempunyai kesempatan lagi

         untuk memberontak melawan maut. Maut tinggal hitungan detik saja. Jalan satu-satunya hanya

          pasrah total pada BAPANYA. Karena itu YESUS melolong-lolong: "ALLAHKU, ALLAHKU, mengapa

          ENGKAU meninggalkan AKU?"

 

 xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

 

TULIS PAK ARAH:

 

Bingung-bingung!!!


>> Yohanes 10:17       Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk

                                   menerimanya kembali.

 

Jadi, apa sebab ALLAH mengasihi YESUS? Sebab YESUS memberikan nyawaNYA. Apa sebab YESUS mau memberikan nyawaNYA? Sebab DIA yakin akan menerimanya kembali. Kalau nyawaNYA nggak dikembalikan? Ya, siapa yang mau?! Waras 'kan, pemikiran yang demikian itu?!

 

Jika injil atau Yohanes 10:17   tu benar mengapa Yesus menjerit dan menangis??

 

 

>> Matius  27:45              Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam

                                             tiga.

                    27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama

                                            sabakhtani?"* Artinya: /Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan

                                            Aku?

                    27:47 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: "Ia memanggil

                                           Elia."

                   27:48  Dan segeralah datang seorang dari mereka; ia mengambil bunga karang,

                                            mencelupkannya ke dalam anggur asam, lalu mencucukkannya pada

                                            sebatang buluh dan memberi Yesus minum.

                   27:49  Tetapi orang-orang lain berkata: "Jangan, baiklah kita lihat, apakah Elia

                                            datang untuk menyelamatkan Dia."

                    27:50 Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.




Cat avatar Avatars


xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


Computer mania Avatars





>>Surat-menyurat :   hakekathidupku@yahoo.co.id,  newhakekatku@yahoo.co.id, 

                                   Hakekatku_00@yahoo.co.id,   hakekatku_05@yahoo.co.id, 

                                    hakekathidup_h5@yahoo.co.id,

                                    hakekathidupku_nolnol@yahoo.co.id, 

 

>> MilisGroup:   hakekatku_00@yahoogroups.com,  

                             http://groups.yahoo.com/group/hakekatku_00/

 

                             newhakekatku@yahoogroups.com,

                             http://groups.yahoo.com/group/newhakekatku/

 

>>B l o g  :    http://bloghakekatku.blogspot.com

__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar