Minggu, 09 September 2012

«PPDi» Zaini Abdullah: Saya mengutuk gerakan separatis

 

Wawancara Zaini Abdullah

Zaini Abdullah: Saya mengutuk gerakan separatis

Zaini Abdullah: Saya mengutuk gerakan separatis
Gubernur Aceh terpilih Zaini Abdullah di rumahnya, pedalaman Kabupaten Pidie, Aceh. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kategori
Khas
 
52
Reporter: Eko Prasetya


Sisa-sisa keriuhan masih terlihat di kediaman gubernur Aceh terpilih Zaini Abdullah di Desa Teureubeu, Kabupaten Pidie. Tenda masih berdiri di halaman, meja prasmanan masih dipenuhi bekas makanan. Kerabat juga masih berkumpul.  

Maklum saja, Ahad (15/4) sore, sang tuan rumah baru selesai menggelar acara syukuran setelah menang pada pemilihan kepala daerah. Zaini yang berpasangan dengan Muzakkir Manaf berhasil menenggelamkan pesaing terbesar mereka duet Gubernur Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan. 

Sebagai bekas pentolan Gerakan Aceh Merdeka, banyak orang mengenal di mana rumah Zaini. Rumah yang menempati lahan sekitar 2.500 meter persegi itu terletak di Desa Teureubeu. Persis 50 meter dari Jalan Raya Kota Bakti Km 1. Untuk sampai di sana, butuh sekitar 3-4 jam perjalanan dengan mobil dari Banda Aceh. Lantas menyusuri jalan tanah bebatuan yang cukup dilalui satu mobil saja. 

Sebelum perjanjian damai diteken di Ibu Kota Helsinki, Finlandia, Zaini yang bermukim di Ibu Kota Stockholm, Swedia, menjabat menteri luar negeri. Sedangkan Muzakkir panglima angkatan bersenjata GAM. 

Wawancara berlangsung sekitar sejam di teras samping rumah. Zaini berkemeja lengan pendek warna hitam dengan corak garis putih tanpa alas kaki ditemani ajudannya. Obrolan berjalan serius, minus cemilan atau segelas air. 

Kepada Eko Prasetya dan juru foto Arie Basuki dari merdeka.com, Zaini menjelaskan mimpinya membangun Aceh setelah dilantik menjadi orang nomor satu di sana. Berikut penuturannya:  

Apa arti jabatan gubernur bagi Anda setelah berjuang bertahun-tahun bersama GAM?

Konflik lama di Aceh berakhir dengan kesepakaan bersama dalam perdamaian. Perjuangan kami capai dengan kesimpulan kita berdamai dengan Negara kesatuan Republik Indonesia dan sebagai kunci, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya, Jusuf Kalla dengan adanya perjanjian. Membenarkan agar boleh dibuat partai lokal. Terpanggil dari hati mengingat kondisi Aceh

Imbalan apa Anda janjikan dengan memakai tiga purnawirawan TNI dalam tim sukses? 

Tidak ada. Mereka merasa terpanggil mengingat apa yang di lapangan. Sejak 15 Agustus 2005 - 2012 belum ada hasil signifikan

Komentar Anda soal rencana Irwandi menggugat hasil pemilihan? 

Saya tidak pnya penjelasan apa-apa, Sah-sah saja, siapa pun bisa menggugat. Saya harap KIP (Komite Independen Pemilihan) dapat jujur, tidak ada manipulasi.

Selama kampanye Anda berjani meningkatkan kesejahteraan rakyat Aceh. Bagaimana mewujudkan itu?
 
Di samping visi dan misi, program 100 hari telah kami siapkan. Kemiskinan, harta benda akbat konflik, dan bencana kita fokuskan. Pendidikan akan gratis. Kesehatan juga tidak kalah penting dan jaminan kesehatan. Di tiap-tiap kabupaten kita perlu tingkatkan pelayanan kesehatan.

Bagaimana menjaga hubungan harmonis dengan pemerintah pusat?

Sejak kita memperoleh kemenangan, melakukan konsolidasi supaya menjalin hubungan baik.

Apa harapan Anda kepada Jakarta?

Keadilan dan komitmen dalam Undang-undang. Kejujuran, keikhlasan, dan keterbukaan. Semoga tidak ada penghalang bagi perdamaian abadi.

Apa ada indikasi gerakan separatis tetap hidup di Aceh?

Kami mengutuk keras hal-hal seperti itu. Itu tidak sehat. Semua saya serahkan kepada pihak berwenang.

Setelah dilantik, apa Anda bakal meneruskan program gubernur sebelumnya? 

Dalam program 100 hari kita sudah bikin seksama dan terlalu dini berbicara hal ini.

Bagaimana mengantasi masalah peredaran ganja di Aceh? 

Kita akan lihat, di sana-sini banyak menanam ganja. Ini juga tanggung jawab kami dan perlu ditanyakan ke polisi.

Soal syariat Islam, apa dipertahankan?

Islam di Aceh sudah mendarah daging, amalan untuk rakyat Aceh, dari lahir sudah mendapat ajaran. Bila pencuri dipotong, sedangkan korupsi dibiarkan, ini tidak seimbang, Insya Allah kita membuat peraturan mendetail. Kita ikutkan semua ulama untuk fokus membahas peraturan ini. Hukum cambuk adanya saat Gus Dur. Mereka menyudutkan Aceh sebagai Islam fanatik sehingga membuat hubungan dengan negara lain putus. Insya Allah kalau saya naik, ini akan kami utamanakan

Bagaimana Anda melihat Aceh dibanding daerah lain di Indonesia?
Aceh begitu kaya. Alam Aceh mengandung gas, minyak, dan timah. Semua tinggal sedikit, tanah Aceh banyak hasil bumi tetapi rakyat miskin dan paling miskin dibanding daerah lain. Pascakonflik ada kesepakatan harus dijalankan, kita hanya memantau dari luar.

Korupsi masalah yang dihadapi semua kepala daerah. Bagaimana Anda mengatasi ini?

Itu urusan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menyelidiki, kalau salah harus dihukum. Korupsi merupakan penyakit kanker, kita harus buang

Apa yang menarik selama proses pemilihan?

Mereka yang datang ke tempat kami kampanye seperti lautan manusia tanpa mendapat upah, mendengarkan orasi kami, Itu hati yang berbicara. Saya tafsirkan mereka belum mendapat hasil memuaskan. Mereka ingin perubahan, rakyat juga tahu siapa bertanggung jawab.

Konflik di Aceh dan mendapat perdamaian itu mempunyai makna yang bertanggung jawab GAM dan Partai Aceh bertanggung jawab atas peristiwa itu.

Sejauh mana popularitas Partai Aceh?
Pemahaman undang-undang pemerintahan Aceh, saya kira hampir semua orang tahu, menjaga dan melanjutkan perdamaian, sedangkan partai nasional tidak berkewajiban. Inilah tugas pokok Partai Aceh. Di pelosok-pelosok, kami kuat, ini nyata saat kami kampanye. Saya berterima kasih kepada seluruh rakyat Aceh.

Anda panik saat gempa Rabu lalu?
Panik sih tidak, waktu itu kami di mess, lima kilometer dari Masjid Baiturahman. Lari ke masjid di lambaru yang jauh dari pantai. Bagi saya tidak sedemikian panik. Saya kasihan kepada rakyat biasa karena trauma. 

Apa hobi dan kegiatan Anda sehari -hari?
Saya tidak banyak menjalankan hobi sejak terlibat dalam GAM. Saya suka pimpong.
Di samping bekerja, saya juga mengurus famili dan menghabiskan waktu dengan keluarga.
 


 |IACSF| FOTO ANAK GUBERNUR ACEH ZAINI ABDULLAH (DOTO ZAINI)

__._,_.___
Recent Activity:
------------------------------------------------------------------
                       TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.

Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com

**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
               : Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
                          http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages

ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar