Minggu, 09 Oktober 2011

[inti-net] Anggaran Pertahanan Naik 35 Persen

 

http://www.cenderawasihpos.com/index.php?mib=berita.detail&id=3907

Kamis, 06 Oktober 2011 , 17:15:00

Anggaran Pertahanan Naik 35 Persen

Di HUT TNI, Hyun Bin Dikawal Marinir

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 66 tahun, kemarin (5/10). Upacara peringatan hari ulang tahun tersebut dihelat di Plaza Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Selain sejumlah atraksi, acara tersebut juga dihadiri aktor yang menjadi Duta Industri Pertahanan Korea untuk Indonesia Hyun Bin. Aktor film Korea Secret Garden itu tampak duduk di tenda tamu undangan yang sudah disiapkan panitia. Hyun Bin mengenakan seragam militer warna coklat muda. Tak lupa topi warna hijau menutupi potongan rambut cepaknya.

Usai upacara, Hyun Bin yang didampingi seorang perwira tampak bergegas meninggalkan lokasi acara. Tiga orang pengamanan dari kesatuan mariner memberikan pengawalan ketat Hyun Bin yang langsung diburu jurnalis. Pria yang lahir dengan nama Kim Tae Pyung lantas meninggalkan Mabes TNI dengan menumpang mobil dari kedubes Korea No Pol CD 75 01. Kedatangan Hyun Bin tersebut tidak lepas dari kerjasama Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang pertahanan. Salah satunya, pengembangan pesawat tempur Korean-Indonesia Fighter Xperiment (KIF-X). Selain itu ada rencana jual beli pesawat latih T-50 Golden Eagle dan pesawat angkut CN-235.

Hyun Bin yang membintangi serial drama The World That They Live In itu memang tengah mengikuti wajib militer. Dia ditempatkan di divisi infanteri tempur Korps Marinir di Pulau Baeknyeong. Hari ini, Hyun Bin direncanakan menjalani serangkaian kegiatan di Markas Komando Brigif-2 Marinir Cilandak. Sementara itu, dalam amanatnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang bertindak sebagai inspektur upacara, juga menyinggung masalah modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan). Pemerintah telah menamba porsi anggaran untuk kebutuhan pertahanan itu.

Anggaran pertahanan yang sebelumnya Rp 47,5 triliun pada 2011 dinaikkan menjadi menjadi Rp 64,4 triliun untuk tahun 2012 atau naik sekitar 35 persen. "Dengan dukungan anggaran yang makin besar itu, kita lanjutkan peremajaan, modernisasi, serta kualitas pemeliharaan dan kesiapan alutsista TNI AD, TNI AL, dan TNI AU," papar SBY. Menurut presiden, selain modernisasi alutsista, tambahan anggaran itu juga ditujukan pada peningkatan kesejahteraan prajurit dan PNS TNI beserta keluarganya. "Itulah bagian dari komitmen pemerintah, untuk membangun TNI yang makin profesional, modern dan kapabel, serta makin meningkat kesejahteraannya," katanya. SBY juga menyinggung gangguan keamanan dalam negeri yang belakangan terjadi. Misalnya aksi terorisme, kekerasan horisontal, maupun kegiatan kelompok separatis. Meski masalah keamanan dan ketertiban menjadi tanggung jawab kepolisian, SBY meminta TNI ikut serta membantu mencegah timbulnya aksi terorisme dan gerakan separatis. "Tidak boleh ada sekelompok orang atau sekelompok masa yang dibiarkan mengancam kedaulatan dan keselamatan negara. Tidak boleh pula kita membiarkan rakyat tidak berdosa menjadi korban ancaman terorisme," urai SBY.

Presiden menginstruksikan aparat keamanan melakukan langkah pencegahan dan penindakan yang efektif. Selain itu, aparat intelijen melakukan aksi deteksi dini. "Ingin saya tegaskan sekali lagi, bahwa negara tidak boleh kalah, dan harus menang melawan terorisme," tegasnya. Peringatan HUT TNI ke-66 dimeriahkan aksi fly pass pesawat tempur TNI AU dan Sukhoi. Selain itu juga ada free fall dari sejumlah prajurit TNI ada beladiri militer Yong Moodo. Sejumlah alutsista juga dipajang. Antara lain peluru kendali PORRAD Detasemen Artileri Pertahanan Udara, Kendaraan Taktis (Rantis) ANOA Batalyon Infanteri, dan roket multi laras 70 Grade Marinir. (fal)

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
Untuk bergabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
Subscribe our Feeds :
http://feeds.feedburner.com/Tionghoanet

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar