Minggu, 09 Oktober 2011

[buruh-migran] Perusahaan Korea Butuh TKI Purna

 

PENEMPATAN TENAGA KERJA
Perusahaan Korea Butuh TKI Purna


Senin, 10 Oktober 2011
JAKARTA (Suara Karya): Sekitar 800 perusahaan asal Korea Selatan di Indonesia membutuhkan ribuan tenaga kerja yang sudah berpengalaman bekerja di Negara Ginseng ini (TKI purna dari Korea Selatan).
"Perusahaan Korea Selatan di Indonesia menerima para mantan TKI yang pernah bekerja di negaranya. Saat ini, 800 perusahaan sudah menyatakan kesediaannya untuk menampung ribuan TKI purna yang pernah bekerja di Korea," kata Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Haposan Saragih di Jakarta, Minggu (9/10).
Menurut Haposan, BNP2TKI sudah mengadakan pembicaraan dengan pihak agen tenaga kerja asal Korea untuk menempatkan kembali TKI purna di perusahaan-perusahaan asal Korea di Indonesia. Permintaan ini disepakati dan akan diakomodasi pada pertemuan di Bandung, Rabu (5/10). Pertemuan itu dilakukan pihak Human Resources Development (HRD) Service of Korea (agen tenaga kerja) dengan TKI yang pernah bekerja di Korea.
Dalam peremuan ini, Direktur Employment Permit System (EPS) Center Korea di Indonesia Park Key Soo juga menyatakan, mantan TKI di Korea bisa bekerja di berbagai perusahaan asal Korea di Indonesia. Tujuan dari pertemuan di Bandung tersebut untuk mendata jumlah tenaga kerja yang ada dan kebutuhan perusahaan. Sesama para TKI purna Korea diharapkan tidak putus komunikasi dan terus berhubungan untuk melihat peluang kerja di perusahaan Korea di Indonesia.
Bagi TKI di Korea yang kontrak kerjanya akan berakhir akan mendapat tawaran bekerja di perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Tentunya ini merupakan kesempatan yang baik, karena perusahaan Korea butuh karyawan yang terbukti memiliki disiplin tinggi. "Selain disiplin, TKI purna Korea tentunya juga bisa bahasa Korea. Seleksi sepenuhnya ditentukan oleh HRD Korea," ujarnya.
Seleksi penerimaan bagi para mantan TKI untuk bekerja di berbagai perusahaan asal Korea akan dilakukan di Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta. Sejak 2004, TKI yang bekerja di Korea Selatan mencapai 30.858 orang dan kontrak kerja sekitar 13.000 TKI akan berakhir.
Haposan juga mengatakan, untuk proses seleksi di Surabaya, sekitar 100 orang direncanakan akan mengikuti wawancara (walk in interview) dan tes lainnya. Proses seleksi itu diadakan oleh Human Resources Development (HRD) Service of Korea. Sedangkan di Jakarta, BNP2TKI juga menjadwalkan wawancara dan tes di Korean Indonesian Training Center (KITC)-Ciracas, Jakarta Timur.
Seleksi di ketiga kota tersebut melibatkan kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI), sedangkan di Yogyakarta, sedikitnya sekitar 10 perusahaan asal Korea sudah menyatakan kesiapannya merekrut TKI purna pada 19 Oktober 2011. (Bayu)

__._,_.___
Recent Activity:
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar