Minggu, 09 Oktober 2011

[buruh-migran] Tanpa Dokumen, 21 Calon TKI Diturunkan dari Kapal

 

Tanpa Dokumen, 21 Calon TKI Diturunkan dari Kapal
Nasional / Minggu, 9 Oktober 2011 07:17 WIB

Metrotvnews.com, Parepare: Kepolisian Sektor Pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan, menggagalkan keberangkatan 21 orang calon tenaga kerja Indonesia, yang akan berangkat ke Malaysia. Mereka digagalkan karena tidak memiliki dokumen resmi, seperti paspor dan job order.

Sedikitnya 21 orang calon TKI itu diturunkan dari Kapal Motor Thalia, yang akan berangkat dari Pelabuhan Parepare menuju Nunukan, Kalimantan Timur. Polisi khawatir, para calon TKI yang merupakan warga Jeneponto, Gowa, dan Barru ini, akan mendapat masalah jika dokumennya ke Malaysia tidak lengkap. Apalagi, pemerintah Malaysia kini berencana memulangkan ribuan TKI ilegal dari negeri jiran tersebut.

Karena gagal berangkat, Polsek Pelabuhan Parepare mengevakuasi calon TKI ke sentra pelayanan dan penempatan TKI. Selanjutnya para calon TKI itu akan diurus petugas pelayanan, untuk pembuatan dokumen resmi.

Menurut para calon TKI tersebut, mereka akan berangkat secara berombongan menuju Nunukan dan melanjutkan perjalanan laut ke Sabah, Malaysia. Para calon TKI itu juga mempertanyakan kinerja aparat kepolisian, karena rombongan mereka saja yang digagalkan berangkat ke Nunukan. Padahal, di atas KM Thalia, menurut mereka, banyak penumpang yang juga akan berangkat ke Malaysia. Namun lepas dari pemeriksaan polisi. Para calon TKI mengaku nekad merantau ke negeri jiran, karena tidak memiliki pekerjaan lain di kampung halaman.(RIZ)


__._,_.___
Recent Activity:
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar