Selasa, 15 November 2011

[buruh-migran] JUMHUR: TIDAK ADA PENEMPATAN TKI-PRT

 

Jumhur: Tidak Ada Penempatan TKI-PRT PDF Print E-mail
Senin, 14 November 2011 05:29
Jumhur: Tidak Ada Penempatan TKI-PRT PDF Print E-mail
Senin, 14 November 2011 05:29
JUMHUR: TIDAK ADA PENEMPATAN TKI-PRT
Senin, 14 November 2011 05:29
 
PRINGSEWU (Lampost): Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan (BPNP2) Tenaga Kerja Indonesia (BNP2-TKI) Jumhur Hidayat menyatakan hingga kini belum ada penempatan TKI khusus tenaga kerja pembantu rumah tangga (PRT).

-------------------------

Hal itu diungkapkan Ketua BNP2-TKI pada sosialisasi yang berlangsung di lapangan Kuncup, Pringsewu Barat, Sabtu (12-11) malam.

Untuk itu, jika ada perusahaan atau oknum perusahan PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) yang menjanjikan keberangkatan TKI ke lima negara, di antaranya Jordania, Kuwait, Iran, Arab Saudi, dan Malaysia, hal itu tidak benar dan ilegal.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah melakukan langkah moratorium (penghentian sementara) pengiriman TKI, khususnya untuk tenga kerja pembantu rumah tangga (PRT), ke lima negera tersebut.

Langkah moratorium diambil pemerintah setelah permintaan kepada negera penerima untuk memperbaiki pelayanan dan perlindungan terhadap TKI, khususnya PRT, karena tidak mendapatkan respons positif. Pemerintah telah melakukan pendekatan kepada beberapa negara terkait dengan perlindungan TKI.

Namun, memang masih ada beberapa negara yang belum menyambut baik keinginan tersebut. "Karenanya, pemerintah mengambil langkah melakukan moratorium pengiriman TKI PRT," ujar Jumhur.

Didampingi Chusnunia, anggota Komisi IX DPR, dia menegaskan moratorium masih berlaku sampai saat ini. Sehingga, bila ada perusahaan atau oknum perusahan PJTKI yang menjanjikan keberangkatan kelima negara tersebut, itu tidak benar dan ilegal.

Untuk itu, jika ada orang yang mengajak dan membujuk atau mengaku-ngaku perusahaan bisa memberangkatkan TKI ke lima negara tersebut, itu adalah penipuan belaka. "Jangan sampai pernah mau dan terkoceh dengan iming-iming karena ini sangat membahayakan bagi keselamatan TKI ke depan," kata dia.

Menurutnya, pemerintah telah menyediakan pusat pengaduan pelayanan melalui satu nomor telpon gratis yakni 08001000. Keluarga para TKI dapat mengadukan laporannya atau menanyakan perihal permasalahan yang terkait dengan TKI.

Sementara Chusnunia, anggota DPR Komisi IX, mengatakan Pringsewu merupakan satu-satu daerah yang dipilih untuk sosialisasi TKI dari 14 kota/kabupaten di 32 provinsi.

Kegiatan sosalisasi TKI ini sebagai bentuk kepedulian kepada TKI.

"Jadi jangan berangkat sebelum benar-benar siap menjadi TKI dan yang sudah menjadi TKI. Sehingga jangan sampai terjadi tindakan keras di sana melalui calo-calo," ujar Chusnunia.

Hadir dalam kegiatan tersebut ialah Sujadi Saddat, bupati Pringsewu terpilih, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Tranmisgrasi Pringsewu Bajurim, dan unsur pimpinan daerah. Acara tersebut dimeriahkan dengan hiburan campur sari dengan menghadirkan artis Ibu Kota Didi Kempot. (ONO/D-1)

TEASER

------

Jika ada orang yang mengajak dan membujuk atau mengaku-ngaku perusahaan bisa memberangkatkan TKI ke lima negera tersebut, itu adalah penipuan belaka.

__._,_.___
Recent Activity:
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar