Kamis, 24 November 2011

[advokasi_demokratik] PELATIHAN YSKB, Titan Centre, Bintaro Junction, AUDIOMETRI, 20-21 DEC 2011 DAN S

 

PELATIHAN YSKB, Titan Centre, Bintaro Junction, AUDIOMETRI, 20-21 DEC 2011 DAN SPIROMETRI, 22-23 DEC 2011


Di Indonesia hampir semua perusahaan telah melakukan pemeriksaan kesehatan karyawan. Namun demikian tidak semua perusahaan memahami benar apa maksud pemeriksaan kesehatan prakarya dan berkala itu. Paling2 hanya sebagai upaya pemenuhan peraturan perundangan saja.


Pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap tahun sebagai upaya memantau kondisi kesehatan pekerja, apakah ada gejala awal berbagai penyakit, akibat proses penuaan, akibat lingkungan kerja dan lain-lain. Masalahnya tidak satu orangpun yang bia mengetahui sejak kapan karyawan akan menderita sakit sesudah sekian lama bekerja. Karena itu pemeriksaan kesehatan bertujuan membuat diagnosis dini dari beberapa penyakit. Oleh karena itu topik pemeriksaan dipilih yang paling peka. Pemeriksaan yang selalu menghasilkan hasil negtaif mungkin tidak diperlukan.


Dua dari pemeriksaan itu adalah audiometri dan spirometri.


Audiometri adalah alat untuk memeriksa berkurangnya tingkat pendengaran. Pada pemeriksaan sebelum kerja diperlukan untuk mengetahui kemampuan mendengar dalam kaitannya dengan pekerjaan seperti telepon operator, kebutuhan komunikasi dll. Pada pemeriksaan berkala untuk mengetahui berkurangnya pendengaran sebagai akibat kebisingan dan pajanan bahan kimia.


Jika spirometri itu dilakukan sekali saja misalnya pagi hari saja ketika karyawan baru saja masuk kerja hasilnya mungkin akan selalu normal. Jika dilakukan dua kali pertama sebelum bekerja dan kemudian sesudah bekerja mungkin akan menghasilkan hasil yang obstruktif atau awal asthma pada karyawan. Sebelum asthmanya menjadi parah berbagai upaya perusahaan akan bisa dilakukan.


Hubungi Dewi di 08119697318, <dewi@yskb.or.id>, Leni di 08119935216, <herleni@yskb.or.id>. Kirimkan dengan sms nama, alamat email atau nomor fax anda, kami akan kirimkan brosur.


Dr Sudjoko Kuswadji MSc(OM) (NUS Singapura) PKK (IDI Jakarta) SpOk (IDI Jakarta)
Konsultan dan Pelatih Kesehatan Kerja

__._,_.___
Recent Activity:
Untuk unsubscribe ke GROUPS ini , Kirim Email di:
advokasi_demokratik-unsubscribe@yahoogroups.com

MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar