Senin, 14 November 2011

[kmnu2000] Demi Uang Kami Dukung Negara Lain ketimbang Indonesia

 

Demi Uang Kami Dukung Negara Lain ketimbang Indonesia

Minggu, 13 November 2011 14:51 WIB

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Apa yang terjadi di dalam Gedung Ranau Jakabaring bisa dibilang aneh. Saat menonton cabang olahraga senam atletik kelas beregu putri, Minggu (13/11/2011), suporter Indonesia hampir tidak terdengar suaranya. Padahal, tim senam putri Indonesia bermain di rumah sendiri.

Suara dukungan malah banyak terdengar untuk Myanmar atau Singapura. Yang menjadi pendukung mereka adalah orang Indonesia sendiri.

"Kami sudah dipinta oleh negara yang kami dukung untuk memberikan dukungan untuk atlet-atletnya. Kami dibayar oleh mereka," ujar Ana, perempuan asli Kota Palembaang yang memakai seragam bergambar lambang negara Myanmar.

Ana tidak hanya memakai seragam. Ia juga dilengkapi dengan segala atribut negara Myanmar, seperti topi dan bendera. Mereka kompak mendukung musuh Indonesia saat sang koordinator memerintahkan mereka untuk bersuara.

"Kita seperti bermain di negara orang. Saya tidak habis pikir kok orang Indonesia begitu murahnya hanya untuk mendukung negara lain," ujar seorang pendukung Indonesia, yang semenjak tim senam berlatih selalu mendukung Indonesia meski hanya seorang diri.

http://m.tribunnews.com/2011/11/13/demi-uang-kami-dukung-negara-lain-ketimbang-indonesia.

SEA Games XXVI : Siswa dan Guru Dikerahkan Dukung Negara Lain

KOMPAS.com- Jangan sangka negara peserta SEA Games selain Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, Thailand bahkan Vietnam sekalipun, berlaga tanpa pendukung. Minggu (13/11/2011) siang kemarin, misalnya, puluhan muda-mudi dan orang dewasa tampak berlalu-lalang di seantero Jakabaring Sport City, Palembang, mengenakan kaus bergambar bendera Vietnam, Malaysia, Singapura dan negara peserta SEA Games lain kecuali Indonesia.

Apakah mereka warga negara-negara tersebut? Ternyata bukan. Setelah didekati, mereka asli orang Indonesia juga. Mereka warga Palembang. "Kami memang diminta datang untuk meramaikan stadion, supaya tidak terkesan SEA Games ini sepi penonton. Tetapi ya itu, kami datang sebagai suporter Malaysia," ujar Miftahul Manan (54), guru SMPN 44 Palembang, Sumatera Selatan.

Saat ditanya soal negara mana yang sebenarnya ia dukung, Miftah mengungkapkan, ia tetap pendukung setia tim Merah Putih. "Begini, kalau Malaysia main melawan negara bukan Indonesia, saya dukung Malaysia. Tetapi kalau Malaysia lawan Indonesia, saya dukung Indonesia," tutur Miftah, yang dibenarkan rekannya, sesama guru SMPN 44, Simbolon (51).

Menjadi suporter dadakan seperti Miftah dan Simbolon ternyata enak juga. Sebab, selain menerima kaus, mereka juga mendapat jatah makan siang dan juga sore.

Ginung Pratidina, Wakil Sekjen Inasoc, tidak menepis keberadaan suporter untuk negara selain Indonesia itu. "Yang mengoordinir LO (panitia lokal) Jakarta dan Palembang. Tetapi saya tidak tahu siapa koordinatornya," kata Ginung.

Saat ditanya mengapa tidak dikoordinir untuk mendukung Indonesia, ia berujar, "(Pengerahan itu) Dianggap tidak perlu karena kita tuan rumah. Itu upaya untuk menunjukkan kepada negara lain, bahwa kita pun mendukung langsung penampilan mereka, meski itu dalam skala minimal."

Jadi, selamat menjadi suporter, baik untuk Indonesia maupun bukan Indonesia.

http://olahraga.kompas.com/read/2011/11/14/07421754/Siswa.dan.Guru.Dikerahkan.Dukung.Negara.Lain

Fenomena Suporter Bayaran di Arena SEA Games

PALEMBANG - Pertandingan di tiap venue dalam Kompleks Jakabaring Sport City selalu diramaikan suporter tiap negara peserta. Ironi nya, suporter tersebut asli Indonesia yang berasal dari siswa beberapa sekolah di Palembang yang dikoordinir untuk mendukung negara peserta SEA Games.
 
Kehadiran suporter lokal tampil kompak memakai kaos putih dengan gambar bendera negara yang didukungnya. Pengamatan okezone di lapangan, para pelajar ini seperti ada yang mengarahkan dan dikoordinir guru mereka masing-masing.
 
Salah satu pelajar yang ditemui mengaku mereka datang dan mendukung negara lain karena disuruh guru pembimbing mereka di sekolah. "Kami disuruh pak guru memakai kaos Malaysia dan mendukung saat mereka bertanding," ujar salah satu siswi SMP di Palembang kepada okezone.
 
Rata-rata pelajar ini tidak bisa menolak perintah guru mereka untuk ikut menyemarakan SEA Games walau harus mendukung negara lain. "Takut dimarahi kalau menolak ikut kak, kami ikut salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, angggotanya disuruh ikut semua," jelasnya.
 
Mereka mengaku dibayar Rp20 ribu per hari dan diberi kaos serta disediakan fasilitas transportasi dan konsumsi selama mengikuti kegiatan ini.
 
Kehadiran suporter lokal mendukung tim lawan mulai menuai keluhan dari atlet dan penonton Indonesia yang sedang bertanding. Pada saat pertandingan senam di GOR Ranau, saat tim senam putri Indonesia bertanding, nyaris tidak ada terdengar suara dan tepuk tangan yang mendukung.
 
Para pendukung Myanmar yang kebanyakan pelajar dan mengaku berasal dari salah satu SMA Negeri di Palembang tersebut berteriak dengan kompak mendukung lawan tim senam Myanmar saat sang koordinator memberi perintah.
 
Pada partai penyisihan Sepak Takraw, hal serupa juga terjadi, dukungan itu memicu keluhan Syamsul hadi kapten tim sepak takraw putra Indonesia. Syamsul merasa seperti bermain di negeri orang. Para suporter itu memberi dukungan dengan sangat bersemangat kepada tim lawan Indonesia.
 
"Kami sangat menyayangkan kenapa mereka mau menggadaikan harga diri bangsa hanya karena diberi baju dan atribut negara lain," ujar Syamsul.
 
Tanzil Zulkarnain, salah satu penonton yang melihat ulah tersebut hanya bisa menggelengkan kepala dan merasa heran. "Kalau yang bertanding Thailand lawan Laos, silahkan mereka dukung yang mana saja, tapi kalau Indonesia yang sedang bertanding, harus dukung Indonesia jangan negara lain," cetusnya.
(fit)
http://sports.okezone.com/read/2011/11/14/463/529357/fenomena-suporter-bayaran-di-arena-sea-games

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
______________________________________________________________________
http://www.numesir.org untuk informasi tentang Cabang Istimewa NU Mesir dan KMNU2000, atau info-info seputar Cairo dan Timur Tengah.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Kami berharap Anda selalu bersama kami, tapi jika karena suatu hal Anda harus meninggalkan forum ini silakan kirim email ke:
kmnu2000-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar