Senin, 14 November 2011

[PersIndonesia] Realitas Kita, Realitas TV (Diskusi Publik Remotivi)

 

Tautan: http://remotivi.or.id/realitas-kita-realitas-tv

Realitas Kita, Realitas TV
Sebuah Diskusi Publik Remotivi
Bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikas, Unika Atma Jaya Jakarta
 
Belakangan, televisi kian menjadi penting dalam hidup kita. Berbagai macam informasi yang kita dapatkan sebagian besar bersumber darinya. Tidak sedikit informasi tersebut mengklaim dirinya sebagai jelmaan realitas. Maka, tak heran semakin banyak bermunculan talk show di layar kaca yang mencoba mengupas realitas berbagai peristiwa, atau bahkan tayangan yang akhir-akhir ini marak menyebut dirinya sebagai reality show.

"Realitas" adalah kata yang begitu biasa dan seringkali meluncur dari mulut kita, seolah tanpa sejarah, terkadang diyakini sebagai sesuatu yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Padahal, sebagaimana diketahui, di belakang suatu tayangan TV ada  proses produksi. Dengan kata lain, ada sejarah yang memungkinkan lahirnya apa yang disebut fakta dalam berita, ataupun realitas dalam reality show. Karenanya menjadi penting untuk mengurai bagaimana kerja televisi, yang katanya merupakan salah satu "pabrik realitas" itu.

Lantas, bagaimana hubungan antara media–dalam hal ini TV–dengan entitas yang seringkali kita sebut sebagai "realitas"? Apakah pemberitaan mengenai teror tidak berpotensi menjadi teror tersendiri? Atau bisakah kita mengatakan bahwa pemberitaan mengenai lumpur Lapindo yang dilakukan TV One dan stasiun televisi lainnya sebagai fakta yang sama?

Diskusi ini akan membedah apa yang dimaksud TV sebagai reality show atau bahkan mempertanyakan kembali definisi "fakta" dan "tafsir" dalam TV.

Hari/Tanggal   : Senin, 21 November 2011
Waktu                  : Pk. 14.00 WIB
Tempat               : Aula D Unika Atma Jaya Jakarta
Pembicara         :
1. Prof. Dr. Alois Agus Nugroho (Guru Besar Atma Jaya; mengajar di Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia dan Pascasarjana STF Drijarkara)
2. Ade Armando (dosen Universitas Indonesia, penulis buku Televisi Jakarta di Atas Indonesia)
Moderator        : Dr. Nia Sarinastiti (dosen Unika Atma Jaya)

Diskusi ini didanai oleh Yayasan Tifa, bersifat gratis dan terbuka bagi siapa pun.

Informasi dan pendaftaran, hubungi:
08 999 826 221 | 0815 892 7792 | 021-98342730
 
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook

Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Recent Activity:
Indonesia Japan Economic Monthly http://jief.biz/news/
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar