Kamis, 17 November 2011

Re: [babadbali] Nama Bali, antara prestasi dan korupsi

 

Om swastiastu,

Bli Komang,
Rwa Bhineda adane ento. Apang seimbang gumine.

Lan irage ane nu inget ken karmapalane luungang ngastiti bhakti.
Apang ngidaang ngendaliang sad ripune. 
Sing keto ?
Ampure.... Logat blelenge pesu


On 18 Nov 2011, at 12:25, komang prasada <komangpras@yahoo.com> wrote:

 

OM Swastyastu,
 
Beberapa hari terakhir ini masyarakat Indonesia dialihkan sesaat dari hiruk pikuk politik ke keriuhan olah raga Asia Tenggara (Sea Games). Banyak yang bangga dan tidak menyangka Indonesia akan "nangkring" di urutan pertama perolehan medali mengungguli negara2 lain. Setelah lelah bertahun tahun menunggu akhirnya kejayaan itupun muncul kembali.
 
Diantara atlet yang ramai dibicarakan media, terselip beberapa nama Bali seperti I Gst Nyoman Puruhito PJ yang berhasil menyumbang emas dari panahan. I Gede Siman Sudartama yang perkasa di arena renang dengan 4 emas  dan Oka Sulaksana yang langganan juara di pertandingan internasional.
 
Hati saya mekar membaca berita prestasi ini. Walaupun tidak kenal secara pribadi, saya bangga dengan hal ini karena mungkin kesamaan darah Bali yang mengalir. Seolah olah saya sudah lama mengenal mereka dan dapat bercerita lancar mengenai prestasi mereka kepada teman teman di kantor dalam perbincangan santai.
 
Namun hati saya ciut kembali jika ingat para senior saya yang terlibat kasus korupsi di negeri ini. Ada nama I Nyoman Suisnaya di kasus korupsi Depnakertrans. Juga ada nama I Wayan Koster yang diindikasi terlibat kasus korupsi para anggota dewan. Kebetulan saya kenal pak Wayan Koster (walau beliau pasti tak kenal saya) saat masih di Peradah dulu. Saya kagum pada pak Koster karena walaupun orangnya kecil, namun selalu bersemangat jika berbicara. Idealismenya soal kepemudaan Hindu tak saya ragukan. Namun rupanya perjalanan waktu mengubah apa yang saya kagumi. Tapi…semoga semua tuduhan yang dikatakan tentang keterlibatan beliau itu tidak benar (dan saya sangat berharap begitu) seperti yang dikatakannya bahwa dia tak terlibat.
 
Kalau pak Nyoman Suisnaya saya tak kenal. Ada yang tahu..?
 
Ah….hidup memang pilihan…antara prestasi dan korupsi….
Jika mau …kita bisa berprestasi diantara yang berkorupsi…
Atau berkorupsi diantara yang berprestasi….
Atau juga korupsi di tempat prestasi (seperti kasus sea games ini)…
Ah…kenapa jumat begini saya jadi mellow..
 
Semoga hati saya bisa mekar kembali
Dengan menonton geguntangan nanti siang di Rawamangun…
 
OM santi santi santi OM
Komang prasada

__._,_.___
Recent Activity:
Untuk menghentikan keanggotaan, mohon kirimkan email kosong kepada:
babadbali-unsubscribe@yahoogroups.com

MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar