Sabtu, 05 November 2011

[JARDIKNAS] PANDUAN LOMBA GURU INOVATIVE MICROSOFT INDONESIA 2011

 


 "NATIONAL INNOVATIVE TEACHER COMPETITION 2011"
05-25 November 2011

 

A.     Rasional

Sejak jaman dahulu pendidikan adalah kunci semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas yang dicapai suatu bangsa. Dengan pendidikan yang berkualitas dan diimplementasikan dalam proses yang kreatif, inovatif, dinamis,  dan bermakna manusia dapat lebih mengembangkan secara optimal  semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sosial secara akseleratif. Berlangsungnya proses pembelajaran yang demikian tidak bisa  terlepas dari pengaruh  lingkungan sekitar yang juga bergerak secara dinamis. Sejalan dengan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini maka pembelajaran dengan pendekatan berbasis TIK (ICT Based Learning) sungguh tidak terelakkan implementasinya. Pendekatan ini terbukti telah menjadikan proses pembelajaran lebih efektif, dan sejalan dengan itu pendekatan ini juga memacu kreativitas, menghapus kejenuhan dan menciptakan berbagai bentuk  inovasi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran itu
sendiri.

Inovasi-inovasi yang muncul dalam ICT Based Learning  diantaranya berupa implementasi  Multimedia Pembelajaran Inovatif (MPI) yang lebih modern dari sekedar media pembelajaran konvensional dan membawa nafas kehidupan baru dalam penyelenggaraan pendidikan. MPI yang  sering disebut dengan CD Interaktif tersebut merupakan sumber  belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi. Berbagai penelitian hampir selalu menyebutkan bahwa kegiatan ini  berdampak postif  pada proses pembelajaran dengan adanya kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kemudahan bagi siswa menyerap materi pelajaran.

Dalam mensikapi kondisi yang demikian dan untuk lebih memantapkan perannya  dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional maka  Microsoft Indonesia bermaksud menyelenggarakan kompetisi guru inovatif Indoneisa  dalam pengembangan MPI dan implementasinya dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tajuk "National Inovative Teacher Competition 2011 " dengan sasaran peserta guru di seluruh Indonesia.

B.      Dasar

 

    Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan  Nasional.
    Program  Microsoft Partner in Leaning (PIL)

C.      Tujuan

Meningkatkan kreativitas guru-guru Indonesia dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan  Multimedia  Pembelajaran Inetraktif (MPI) sebagai alternatif pembelajaran berbasis  ICT (ICT Based Learning)  yang dibuktikan kebermanfaatannya dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas.

D.     Hasil yang Diharapkan

Terciptanya karya-karya original MPI yang inovatif dan diimplementasikan dalam PTK  serta  terbukti efektif meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

E.       Peserta, Waktu, dan Tempat

1. Peserta :

Peserta adalah Guru Indonesia  yang masih aktif mengajar di TK/RA/PAUD, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK atau sederajat.

2. Waktu Pelaksanaan:

Dari tanggal 05 s.d. 25 November 2011 dengan rincian:

●Pengumpulan karya terakhir– 14 November 2011

●Masa Penjurian  Babak Penyisihan 15 – 21 November 2011

●Pengumuman Finalis – 21 November 2011

●Finalists Judging and  Workshop – 23 – 24 November 2011

●Teachers Award – 25 November 2011

2. Tempat:

Jakarta (Final)

F.      Persyaratan

        

    Syarat Administrasi
        Lomba bersifat perorangan.
        Peserta adalah Guru TK/RA/PAUD, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK atau sederajat yang masih aktif mengajar.
        Peserta mengisi dan melengkapi formulir isian lomba yang ditandantangani (ttd discan) yang bersangkutan dan diketahui kepala sekolah (ttd dan stempel discan).
        Peserta membuat pernyataan originalitas karya di atas kertas bermaterai yang ditandantangani yang bersangkutan dan diketahui kepala sekolah (berstempel). Surat tersebut discan dengan format jpg dan disertakan (di copy-paste) di dalam formulir isian.
        Karya MPI sudah pernah diimplementasikan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dan ditulis ringkasan laporannya di dalam formulir isian.
        Referensi utama penulisan PTK dan foto-foto kegiatan disertakan
        Karya lomba tidak mengandung unsur SARA.
        Semua karya yang diterima panitia menjadi hak panitia.
    
    Syarat Karya
        Struktur minimal MPI meliputi tampilan antar muka (Graphic User Interface = GUI) yang memuat identitas media, judul, sasaran kelas/semester, kurikulum yang digunakan, tujuan pembelajaran (mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator) serta menu dan sub menu yang berhubungan dengan isi/materi yang disajikan.
         Setiap konten diramu dengan menggunakan minimal 3 komponen multimedia seperti (Teks, Suara, gambar) atau (teks, suara, dan animasi) dan berhubungan satu dengan yang lain (hyperlink) melalui tombol navigasi.
        Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
        Dilengkapi dengan petunjuk penggunaan program dan trouble shooting.
        Apabila dalam pembuatan MPI peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
        Karena dirancang untuk pembelajaran yang fleksibel (self learning) maka MPI tersebut harus dapat dijalankan dan dipelajari secara mandiri oleh siswa.
        Peserta harus memiliki account di Windows Live (@hotmail)  dengan mendaftar di https://login.live.com/  untuk mengunggah hasil karya.
        Proses pengunggahan hasil karya dapat dilihat pada dokumen Panduan Unggah ke Skydrive.(Menyusul)
        Konfirmasi hasil karya tidak dilakukan melalui email melainkan melalui formulir konfirmasi yang ada di http://kompetisiguruinovatif.com . (Segera di launch)
        Karya yang dilombakan tidak pernah menjadi juara pada lomba yang sama di tingkat Nasional  atau lebih tinggi (internasional) sebelumnya.
        Bagi karya yang menjadi juara, apabila dikemudian hari ternyata terbukti bahwa karya tersebut adalah tidak original dalam ide dan kreasi (dibuatkan orang lain) maka Microsoft Indonesia berhak mencabut gelar kejuaraan dan yang bersangkutan wajib mengembalikan semua hadiah serta menyampaikan permohonan maaf di surat kabar nasional

G. Kategori Lomba

Lomba ini meliputi 4 kategori sbb:

●Most Creative

●Most Innovative

●Most Original

●Most 'Outstanding'

H. Pelaksanaan  Lomba

    Kegiatan lomba menggunakan sistem gugur atau babak penyisihan.
    Lima belas (15) peserta yang lolos seleksi persyaratan administrasi dan penjurian babak penyisihan, yaitu masing-masing 5 orang dari kategori Most Creative, Most Innovative, dan Most Original, akan diundang sebagai finalis ke Jakarta pada tanggal 23 s.d. 25 November 2011. Mereka harus  mempresentasikan hasil karyanya di hadapan Dewan juri.
    Setiap finalis akan mendapat kesempatan selama ±20 menit untuk memaparkan karyanya. Rinciannya 10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk pertanyaan dari dewan juri. Dewan juri berhak menghentikan presentasi dan tanya jawab sewaktu-waktu jika dirasa cukup.
    Dari 15 finalis akan diambil 3 pemenang untuk masing-masing kategori. Sedangkan  pemenang untuk kategori Most 'Outstanding' akan dipilih satu orang dari 15 finalis tersebut.
    Setiap Finalis  wajib mengikuti kegiatan lomba dari awal sampai akhir kegiatan.
    Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
    Ketentuan yang belum ada akan diatur kemudian.

I.           Juri Lomba

        Obert Hoseanto (Microsoft Indonesia)
        Mampuono (Widya Iswara ICT  Kemdikbud)
        Reynaldi (Sampoerna School of Education)
        Bowo Dwi Arianto (ISI )
        Sugiarta (Kemdikbud)

J.        Hadiah Lomba

Setiap juara pada masing-masing kategori  akan memperoleh hadiah sebagai berikut:

●1st Place: X-Box & Kinect

●2nd Place: Netbook

●3rd Place: Digital Camera

●Most 'Outstanding': Windows Phone

Para pemenang akan diikutkan ke dalam even RITC (Regional Innovative Teacher Forum) tingkat Asia Pasifik di New Zealand pada bulan Maret  2012.

G. Penyerahan Hadiah

Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada peringatan Hari Guru Indonesia pada tanggal 25 November 2011.

 

 
    Warmly yours

    Mampuono

______________________________________________

Senior Master Teacher Microsoft indonesia
Widyaiswara LPMP Jateng
Ketua Ikatan Guru Indonesia Jateng
Ketua Komunitas Rumah Belajar Indonesia Kemdiknas

htttp://www.mampuono.multiply.com/

http://mampuono.blogguru.net/
http://mampuono.wordpress.com/

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
Salam JARDIKNAS !

MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar