Sabtu, 05 November 2011

«PPDi» Sabtu, 05 November 2011. Sebagian Muslim di Aceh Sudah Shalat Id.

 


Meulaboh | Acehtraffic.com - Sebagian masyarakat di Provinsi Aceh pengikut tarekat Syattariah sabtu [5/11] pagi sudah melaksanakan shalat Idul Adha 1432 H karena mengikuti jadwal penetapan 1 Syawal pada lebaran Idul Fitri 1432 H.

Pengemukan Komunitas Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan, yang dihubunggi dari Meulaboh, Sabtu mengatakan penjadwalan shalat Id tersebut secara otomatis mengikuti hasil isbath atau rapat penetapan pada bulan Ramadhan 1432 H.

"Dasar kita masih mengacu pada penetapan 1 Syawal 1432 H, kita dahulu satu hari lebih awal demikian halnya pada lebaran Idul Adha komunitas Habib Muda Seunagan tetap terlebih awal 
satu hari dari muslim lain," katanya.

Ia mengatakan sejak Jum'at [4/11] malam pengikut Habib Muda Seunagan sudah mengelar takbir baik dimesjid-mesjid, Surau bahkan takbir keliling serangkaian berdo'a sampai pagi hari untuk kedamaian Aceh disuasanan lebaran Idul Adha 1432 H.

Katanya yang bertindak sebagai khatib sekaligus imam shalat hari raya yang dipusatkan di mesjid tua Abu Habib Muda Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya adalah mantan Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya H.Said Hamazali.

Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Nagan Raya itu menambahkan ritual keagamaan lainnya seperti biasa komunitas ini juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang sejak beberapa hari lalu sudah disiapkan untuk dibagikan kepada fakir miskin di kawasan itu.

Cucu kandung [alm] Habib Muda Seunagan ini mengatakan shalat hari raya Idul Adha 1432 H hari itu juga serentak dilaksanakan di Kabupaten wilayah Pantai Barat Aceh, wilayah Utara Aceh dan Selatan Aceh.

"Kalau diprovinsi Aceh semua pengikut Habib Muda Seunagan melaksanakan shalat Id hari ini, kemungkinan besar juga shalat Id dilaksanakan di sebagian wilayah Indonesia lainya bahkan 
di negara lain juga ada yang berfaham sama dengan kita," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan kepercayaan komunitas ini beralasan kuat dengan perolehan penghargaan guru mereka Habib Muda Seunagan sebagai Tokoh Ulama dan diakui NKRI.  Bahkan presiden SBY sendiri sudah memberikan penghargaan itu melalui Gubernur Aceh Irwandi yusuf dan diterima langsung olehnya.

Pria yang kerab disapa TRK ini, mengatakan, ritual keagamaan demikian sudah 250 tahun silam dilakoni oleh seluruh anak didik Habib Muda yang tersebar di Aceh bahkan dipenjuru dunia walaupun hanya sedikit.

"Kita berharap di hari lebaran Idul Adha 1432 H perdamaian Aceh terus terjaga menyongsong pemilukada yang sedang kita hadapi, ini adalah do'a kami sejak tadi malam sampai pagi," pungkasnya.| AT | AG | ANT |


__._,_.___
Recent Activity:
------------------------------------------------------------------
                       TIADA KATA SEINDAH `MERDEKA`
------------------------------------------------------------------
Ubahlah nasib bangsa kita, jangan jadikan anak cucu kita sebagai mangsa dari keterlambatan kita bertindak pada hari ini.

Mailing bebas => Meukra-subscribe@yahoogroups.com
-untuk membuat posting kirimkan ke: PPDi@yahoogroup.com

**************************************************************
-Beritahu rakan anda untuk menyertai egroups ini dengan hanya menghantar email kosong ke: PPDi-subscribe@egroups.com
               : Meukra-subscribe@yahoogroups.com
**************************************************************
FOR THE LATEST NEWS link to us: http://PPDi.cjb.net/
                          http://groups.yahoo.com/group/PPDi/messages

ALL ADVERTISERS THAT HAVE NOTHING TO DO WITH condemning indon WILL BE BANNED WITHOUT WARNING!!!
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar