Rabu, 28 September 2011

[inti-net] Waspadai Penyebaran Isu SARA - Din Syamsuddin: tanggulangi terorisme secara menyeluruh

 

Terorisme
Waspadai Penyebaran Isu SARA
Ferry Santoso | Agus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com Masyarakat perlu mewaspadai isu-isu terkait suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang disebarkan atau dipropaganda oleh kelompok-kelompok tertentu di suatu daerah.
Isu SARA dapat dimanfaatkan oleh teroris atau dapat memicu aksi teror di daerah lain.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansya'ad Mbai, di Jakarta, Rabu (28/9/2011).

"Isu yang dikembangkan kelompok tertentu di suatu daerah, seperti Ambon, dapat dimanfaatkan kelompok teroris atau dapat memicu aksi teror di daerah lain," kata Ansya'ad.

Ansya'ad mencontohkan, kasus peledakan gereja-gereja tahun 2000 juga dipicu oleh berbagai isu yang dikembangkan di daerah-daerah konflik. Isu-isu dan propaganda di daerah konflik saat itu memicu aksi teror di daerah lain.

Terkait propaganda kelompok radikal melalui situs-situs di internet, menurut Ansya'ad, pembatasan isi-isi situs internet memang akan mengalami hambatan dalam era kebebasan berpendapat dan kebebasan media.

Ansya'ad mencontohkan, pemerintah pernah berencana membuat rancangan peraturan pemerintah mengenai isi situs-situs. Namun, rencana itu mendapat banyak penolakan.

Namun, menurut pengamat intelijen Wawan Purwanto, paham-paham radikal yang berkembang di situs-situs di jaringan internet sangat berbahaya. Situs-situs itu dikhawatirkan memengaruhi kalangan anak muda sehingga mudah terindoktrinasi paham radikal.

Apalagi jaringan teroris atau kelompok radikal saat ini banyak merekrut anak-anak muda untuk disiapkan menjadi pelaku teror, termasuk pelaku bom bunuh diri.

INDONESIAN BLOG CONSORTIUM

http://indoexchanges.blogspot.com/
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
http://indofinancialnews.blogspot.com/
http://indonesiaupdates.blogspot.com/
http://chinese-clubs.blogspot.com/
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://export-import-indonesia.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com/

Din Syamsuddin: tanggulangi terorisme secara menyeluruh
Rabu, 28 September 2011 22:04 WIB | 782 Views

Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah dengan aparat intelijen, kepolisian, dan seluruh institusi terkait lainnya perlu melakukan penanggulangan terorisme secara menyeluruh, kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin.

"Penanggulangan secara menyeluruh itu dilakukan sejak proses pencegahan hingga penindakan dengan tetap harus bertindak cermat, objektif, dan lebih bertumpu pada kekuatan sendiri," katanya usai Konsolidasi Nasional Muhammadiyah di Yogyakarta, Rabu.

Namun demikian, menurut dia, dalam penanganan terorisme hendaknya tidak melalaikan dan mengalihkan perhatian pemerintah dari pemecahan masalah besar bangsa yang tidak kalah pentingnya untuk dihadapi dengan penuh pertanggungjawaban publik yang optimal.

"Dalam menyikapi terorisme, Muhammadiyah mengecam setiap tindakan kekerasan atas nama apa pun, oleh siapa pun, dan untuk kepentingan apa pun," katanya.

Ia mengatakan, Muhammadiyah sebagai komponen bangsa yang telah berdiri jauh sebelum Republik Indonesia merdeka selalu mengutamakan kepentingan dan kemajuan bangsa di atas segalanya.

Muhammadiyah sejalan dengan khittah dan kepribadiannya menegaskan sikap untuk konsisten dalam amar ma`ruf dan nahi munkar, berkiprah nyata melalui berbagai amal usaha, dan bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh komponen bangsa secara cerdas dan mengedepankan nasib bangsa.

Muhammadiyah juga mengajak seluruh elite bangsa untuk konsisten antara kata dan tindakan, menjunjung tinggi moral yang utama, menunaikan amanat rakyat, dan memperjuangkan kepentingan rakyat di atas kepentingan diri, kelompok, dan golongan.

"Kami juga mengajak pemerintah di seluruh tingkatan untuk semakin meningkatkan komitmen dan kesungguhan dalam memajukan bangsa disertai sikap mengedepankan keadilan dan kejujuran, berdiri di atas semua golongan, tidak partisan, dan mampu menunjukkan jiwa kenegarawanan," katanya.

INDONESIAN BLOG CONSORTIUM

http://indoexchanges.blogspot.com/
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
http://indofinancialnews.blogspot.com/
http://indonesiaupdates.blogspot.com/
http://chinese-clubs.blogspot.com/
http://tionghoanet.blogspot.com/
http://export-import-indonesia.blogspot.com/
http://jakartapost.blogspot.com/

__._,_.___
Recent Activity:
Untuk bergabung di milis INTI-net, kirim email ke : inti-net-subscribe@yahoogroups.com

Kunjungi situs INTI-net   
http://groups.yahoo.com/group/inti-net

Kunjungi Blog INTI-net
http://tionghoanet.blogspot.com/
Subscribe our Feeds :
http://feeds.feedburner.com/Tionghoanet

*Mohon tidak menyinggung perasaan, bebas tapi sopan, tidak memposting iklan*
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar