Jumat, 30 September 2011

Re: [buruh-migran] Pengiriman TKI PRT Dibatasi hanya di 4 Negara

 

Kok Aneh,
Malaysia dan Arab Saudi yang tidak memiliki aturan dan kebijakan perlindungan PRT migran tetap dijadikan negara tujuan PRT. Kalau mau serius, harusnya bukan hanya Singapura n negara di luar 4 negara yg ditunjuk yg dihapuskan, tetapi Arab Saudi dan Malaysia juga dihapus dari daftar negara yg layak jadi negara tujuan PRT migran
 
Palupi

--- On Thu, 9/29/11, Siti Badriyah <sitibadriyah@gmail.com> wrote:

From: Siti Badriyah <sitibadriyah@gmail.com>
Subject: [buruh-migran] Pengiriman TKI PRT Dibatasi hanya di 4 Negara
To: "buruh-migran" <buruh-migran@yahoogroups.com>, buruhmigrant@yahoogroups.com, "migrantcare" <migrantcare@googlegroups.com>, "jala_prt" <Jala_PRT@yahoogroups.com>
Date: Thursday, September 29, 2011, 2:28 AM

 

Pengiriman TKI PRT Dibatasi hanya di 4 Negara

Sosbud / Kamis, 29 September 2011 11:12 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor penata laksana rumah tangga atau pembantu rumah tangga (PRT) di luar negeri diperketat. Kebijakan ini menyusul belum terpenuhinya persyaratan dan kriteria perlindungan serta pemenuhan hak-hak normatif TKI di sejumlah negara tujuan.

"Kemenakertrans telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap negara-negara tujuan penempatan TKl. Kami menyimpulkan hanva empat negara yang termasuk katagori layak," kata Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans Reyna Usman dalam rilis yang diterima metrotvnews.com, Rabu (28/9). Empat negara tujuan itu Arab Saudi, Malaysia, Hong Kong, dan Taiwan.

Kemenakertrans, kata Reyna, tidak akan mengizinkan penempatan TKI ke negara-negara yang tidak menerapkan kebijakan perlindungan dan pemenuhan hak-hak normatif TKI. Hong Kong dan Taiwan, kata Reyna, memiliki kebijakan dan peraturan perlindungan pekerja migran yang cukup baik dibanding negara-negara penempatan Iainnya.

Masalah kekerasan terhadap TKl di dua negara tersebut jumalhnya kian kecil. Malaysia, jelas Reyna, merupakan negara tujuan TKI pembantu rumah tangga yang terbesar. Selain kemudahan akses, juga karena faktor kesamaan bahasa dan budaya. Selain meningkatkan kualitas TKI, piahknya akan memperketat seleksi majikan di Malaysia.

"Nota kesepahaman yang ditandatangani akan dikawal benar-benar melalui joint task force (satgas gabungan). Kedua negara sepakat dalam skema penempatan yang telah diformulasikan bersama untuk memudahkan kedua belah pihak dalam melakukan fasilitasi penempatan, terutama peningkatan aspek perlindungan TKI di Malaysia," kata Reyna

Khusus untuk Arab Saudi, kata Reyna, proses perundingan MoU masih berjalan. Pemerintah Arab Saudi responsif atas desakan perbaikan yang diusulkan Indonesia. "Arab Saudi masih meniadi negara penempatan terbaik di kawasan Timur Tengah. Tugas kita mengurangi masalahnya, terutama soal kekerasan," ujar Reyna.(JIE/DOR)

__._,_.___
Recent Activity:
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar